Setelah Intiland, Ini 3 Perusahaan yang Berminat Bangun Park and Ride

Kompas.com - 16/08/2019, 11:00 WIB
Antrean keluar penumpang MRT Jakarta mengular di Stasiun MRT Bundaran HI, Rabu (17/4/2019) KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DAntrean keluar penumpang MRT Jakarta mengular di Stasiun MRT Bundaran HI, Rabu (17/4/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Keterlibatan sektor swasta dalam membangun fasilitas parkir atau park and ride yang terintegrasi MRT Jakarta semakin tinggi.

Hal ini menyusul semakin meningkatnya permintaan dan mobilisasi masyarakat menggunakan transportasi publik berbasis rel ini.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar menuturkan tingkat ridership  MRT Jakarta saat ini mencapai sekitar 93.000-94.000 orang per hari.

Kontributor terbanyak berasal dari Stasiun Lebak Bulus dan Fatmawati sebanyak 25 persen, kemudian Bundaran HI, Dukuh Atas, dan Blok M.

Hal inilah yang menarik minat swasta untuk ikut berpartisipasi membangun fasilitas parkir publik.

Setelah PT Intiland Development Tbk yang membangun Park and Ride South Quarter, terdapat tiga nama perusahaan swasta lainnya yang berminat.

Ketiganya adalah PT Ekasari Lorena Transport, PT Tripatra Engineers and Constructors, dan PT Metropolitan Kentjana Tbk.

Baca juga: Park and Ride South Quarter Resmi Beroperasi

Namun, kata William, di antara ketiga perusahaan swasta itu, yang bakal segera membangun park and ride  dan akan mengoperasikannya tahun ini adalah PT Tripatra Engineers and Constructors dan PT Ekasari Lorena Transport.

"Yang akan segera beroperasi adalah Park and Ride Tripatra di kawasan Fatmawati. Kalau Lorena sudah menyatakan kesediaan. Saat ini sedang dalam tahap persiapan," jelas William menjawab Kompas.com, Kamis (15/8/2019).

Sementara PT Metropolitan Kentjana Tbk yang rencananya akan membangun Park and Ride di Lebak Bulus, menurut William, belum ada pembicaraan lanjutan.

Untuk diketahui, rata-rata jumlah penumpang harian MRT Jakarta pada tanggal 1-24 Juli mencapai 94.824 orang per hari. Capaian ini tumbuh 15 persen dari bulan sebelumnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X