Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi dan Sirius Surya Garap Proyek 700 Juta Dollar AS di Bekasi

Kompas.com - 31/07/2019, 16:19 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan infrastruktur di koridor timur Jakarta yang demikian masif membangkitkan keyakinan pasar dan investor sektor properti.

Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang terhubung dengan Tanjung Priok dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek serta Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated yang konstruksinya terus digenjot serta Tol Jakarta-Cikampek Selatan dan rencana perpanjangan trase Light Rail Transit (LRT) memengaruhi pamor koridor timur sebagai kawasan yang menjanjikan.

Hal inilah yang memotivasi Mitsubishi Corporation Indonesia bersedia berkolaborasi dengan PT Sirius Surya Sentosa (SSS) membangun Vasanta Innopark di kawasan MM2100, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.

Marketing Director Mitsubishi Corporation Indonesia Kenji Shimazaki menuturkan ketertarikan perusahaannya menggarap wilayah timur Jakarta adalah karena potensi dan peluang yang menjanjikan.

Baca juga: Vasanta Group Optimistis Raup Rp 450 Miliar dari Menara Botan

"Betul ini adalah proyek kedua kami setelah Orange County di Lippo Cikarang. Bedanya, Vasanta Innopark untuk segmen di bawahnya yang pasarnya lebih luas. Jadi peluangnya sangat menjanjikan," tutur Kenji menjawab Kompas.com, Rabu (31/7/2019).

Terlebih, kawasan MM2100 menurut Presiden Direktur PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk Yoshihiro Kobi, merupakan rumah bagi 364 perusahaan yang mempekerjakan 130.000 karyawan.

Sebanyak 60 persen dari perusahaan yang beroperasi itu berasal dari Jepang, dan sisanya dari Korea, serta negara lain.

"Dan ekspatriat yang bekerja di kawasan ini sekitar 4.000 orang. Mereka tentu saja membutuhkan hunian representatif," sebut Kobi.

Belum lagi jika dihitung secara keseluruhan, dari total 4.000 perusahaan di 7 kawasan industri wilayah timur Jakarta ini, perusahaan Jepang mendominasi dengan 62 persen.

"Ekspatriatnya sekitar 25.000 orang. Pangsa pasar yang cukup besar," imbuh Kobi.

Mempertimbangkan statistik tersebut, mafhum jika Mitsubishi jeli menangkap peluang tersebut dan mengambil porsi 49 persen, dari total kebutuhan investasi 700 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 9,8 triliun.

Sementara Sirius Surya Sentosa mengambil porsi mayoritas sebesar 51 persen.

CEO Sirius Surya Sentosa Erick Wihardja menambahkan, pembagian ventura ini untuk keseluruhan proyek, mulai dari lahan, konstruksi, marketing, dan lain-lain hingga serah terima kepada konsumen.

"Terutama dalam hal konstruksi, kami dan mereka mengawasi kualitasnya, dengan teknologi dan keahlian yang dibawa dari Jepang," kata Erick.

Vasanta Innopark menempati area seluas 14 hektar dan akan dikembangkan 9 menara apartemen yang dilengkapi sejumlah fasilitas komersial sebagai penunjang kebutuhan penghuni.

Tahap pertama telah dipasarkan dua menara dengan nilai penjualan Rp 800 miliar. Sedangkan untuk saat ini akan diluncurkan menara ketiga Chihana seharga mulai dari Rp 450 jutaan.

"Kami menargetkan penjualan menara ketiga ini Rp 520 miliar dari total 620 unit," sambung Erick.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com