Dijadikan KSPN, Sejumlah Infrastruktur Dibangun di Danau Toba

Kompas.com - 28/07/2019, 13:00 WIB
Penataan kawasan Danau Toba Kementerian PUPRPenataan kawasan Danau Toba

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mendukung Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), sejumlah infrastruktur dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Infrastruktur yang dibangun meliputi infrastruktur ketahanan air dan pangan, penyediaan air bersih, dan penataan kawasan.

Pembangunan infrastruktur tidak hanya untuk mendorong perkembangan ekonomi di kawasan perkotaan dan kawasan maju lainnya, tetapi juga infrastruktur di kawasan yang sedang berkembang dan perbatasan.

Baca juga: Bagian dari KSPN Danau Toba, Akses ke Pulau Samosir Diperbaiki

"Hal ini untuk mengurangi disparitas sosial, ekonomi dan wilayah,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Jumat (26/7/2019).

Penataan kawasan di sekitar Danau TobaKementerian PUPR Penataan kawasan di sekitar Danau Toba

Untuk meningkatkan produktivitas di sektor pertanian, misalnya, pembangunan Bendung dan Daerah Irigasi (DI) Sidilanitano di Kabupaten Tapanuli Utara telah diselesaikan.

Bendung dan jaringan irigasi yang dikerjakan mulai tahun 2015 hingga 2017 tersebut dibangun dengan biaya Rp 25,3 miliar dengan luas potensial 2.000 hektar.

Kemudian saluran primer sepanjang 9,52 kilometer yang manfaatnya untuk meningkatkan indek pertanian sebesar 150 persen.

Kementerian PUPR juga membangun Bendungan Lausimeme di Kabupaten Deli Serdang. Pembangunan bendungan dikerjakan dalam dua paket.

Paket pertama dimulai dari persiapan, pembangunan jalan masuk, bendungan utama dan pekerjaan lain-lain.

Sementara paket kedua meliputi pekerjaan jalan relokasi, bangunan pengelak, bangunan pelimpah, bangunan pengambilan, hidromekanikal dan bagunan fasilitas.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X