Mudik Lebaran 2020, Toko Ritel di Rest Area Ditutup Sementara

Kompas.com - 25/07/2019, 11:55 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Kementerian PUPRMenteri PUPR Basuki Hadimuljono

JAKARTA, KOMPAS.com - Penutupan toko ritel komersial di rest area jalan tol, menjadi salah satu gagasan yang akan diterapkan untuk mengatasi kemacetan saat puncak arus mudik dan balik Lebaran 2020.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi kebiasaan pemudik berlama-lama di rest area yang dinilai menjadi salah satu faktor penyebab kemacetan di jalan tol.

Gagasan tersebut diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat rapat evaluasi pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2019 di Kompleks Parlemen, Rabu (24/7/2019).

Baca juga: Mudik Lebaran 2020, 78 Rest Area Beroperasi Penuh

Ia menjelaskan, penutupan toko komersial ini hanya bersifat sementara pada saat arus mudik dan balik, baik pada saat Lebaran, Natal maupun Tahun Baru.

"Mungkin untuk yang besar-besar yang pada saat itu hanya untuk mengatur supaya orang tidak terlalu lama kan," terang Basuki.

Ia menuturkan, selama ini petugas telah berupaya mengatur pemudik agar tidak terlalu lama beristirahat di rest area. Tujuannya, memberikan kesempatan kepada pemudik lain yang hendak beristirahat.

"Kita coba halo-halo (berikan pengumuman lewat pengeras suara) maksimal 15 menit, (tapi pemudik) diam saja. Jadi kita cari cara," ungkapnya.

"Kalau cuma untuk istirahat, makan, cepet. Tapi kalau yang lain-lainnya? Pokoknya kita upayakan supaya kebutuhan tetap bisa terpenuhi, tetapi sharing dengan yang lain," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, penutupan toko komersial rest area ini akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

Hal ini dilakukan sekaligus untuk memberikan kesempatan kepada pemudik agar dapat berbelanja memenuhi kebutuhan di perjalanan.

"Sangat situasional melihat kondisi masing-masing rest area. Jadi ini bukan solusi tunggal," kata Danang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X