Mudik Lebaran 2020, 78 Rest Area Beroperasi Penuh

Kompas.com - 24/07/2019, 16:57 WIB
Rapat kerja terkait evaluasi arus mudik dan balik Lebaran 2019 di Komisi V DPR, Rabu (24/7/2019). Kompas.com / Dani PrabowoRapat kerja terkait evaluasi arus mudik dan balik Lebaran 2019 di Komisi V DPR, Rabu (24/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan rest area di jalan tol menjadi salah satu catatan dalam rapat kerja antara Komisi V DPR dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang evaluasi pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2019, Rabu (24/7/2019).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, saat ini ada 78 unit rest area yang tersebar di sepanjang Tol Trans Jawa. Dari jumlah tersebut, 56 unit telah beroperasi penuh dan 22 unit sisanya masih dalam proses konstruksi.

"Tahun depan sudah operasi penuh 78 unit rest area," ucap Basuki saat menyampaikan paparan.

Menurut Basuki, keberadaan rest area masih memerlukan peningkatan pelayananan. Ada dua hal yang tengah disiapkan pemerintah agar pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2020 dapat berjalan lebih baik.

Baca juga: Evaluasi Macet Lebaran, Manajemen Rest Area Harus Diperbaiki

Pertama, memperpanjang jalur masuk menuju lokasi rest area. Kedua, menegaskan kepada masyarakat bahwa keberadaan rest area adalah sebagai tempat beristirahat sementara.

Oleh karena itu, untuk mempercepat kegiatan pemudik di dalam rest area, maka sejumlah fasilitas yang ada yang dibutuhkan seperti toilet portabel akan diperbanyak.

"Selain itu menutup commercial shop agar pengguna rest area tidak berlama-lama di situ, gantian dengan yang lain," sambung dia.

Basuki optimistis, pelaksanaan arus mudik dan balik pada tahun depan akan lebih baik dari pada tahun ini. Selain karena kehadiran rest area yang lebih optimal, juga keberadaan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) yang akan beroperasi dalam waktu dekat.

"Insya Allah Tol Japek Elevated sudah akan jadi dan bisa diresmikan Presiden November-Desember ini. Mudah-mudahan bisa memperlancar arus dari Jakarta ke Cikampek kemudian baru ke Jawa Tengah tetap dengan one way. Karena di atas itu sudah bisa empat lajur," pungkas Basuki.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X