Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN-Perumnas Tawarkan Bunga KPR/KPA 4,5 Persen

Kompas.com - 24/07/2019, 18:03 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN bersama Perumnas menggelar program pembiayaan rumah dan apartemen dengan suku bunga murah hanya 4,5 persen bertajuk "45HIAP".

Pembiayaan murah ini berlaku hanya selama perayaan ulang tahun Perumnas ke-45 tahun, sejak 18 Juli hingga 30 September 2019.

Penandatanganan kesepahaman sinergi promosi ini dilakukan oleh Direktur Consumer Banking BTN Budi Satria dan Direktur Pemasaran Perumnas Anna Kunti Pratiwi, Rabu (24/7/2019).

Terdapat 25 proyek Perumnas yang mencakup hunian vertikal, hunian tapak, dan ruko komersial yang mendapat pembiayaan khusus ini.

Proyek-proyek ini tersebar di 19 kabupaten/kota Jabodetabek, Semarang, Cilegon, Lampung, Cianjur, Solo dan lain sebagainya dengan jumlah total sekitar 12.000 unit.

Baca juga: Jatah KPR Subsidi BTN Habis

Direktur Consumer Banking BTN Budi Satria menuturkan, joint promotion ini sebagai bentuk sinergi sesama BUMN untuk Negeri.

"Kami sudah seperti saudara di industri properti ini, sehingga kami siap selalu untuk mendukung setiap program Perumnas," kata Budi menjawab Kompas.com.

Dia berharap, promosi ini dapat memberikan kontribusi bagi kinerja keuangan BTN sekaligus menyukseskan Program Sejuta Rumah, terutama bagi kalangan masyarakat pembeli rumah pertama (first time home buyer).

Kendatipun, dia mengakui, tren suku bunga menurun, tetap tak akan serta merta membuat BTN merevisi target atau pencapaian hingga akhir 2019.

Untuk diketahui, Bank Indonesia (BI) memangkas suku bunga acuan atau BI 7days reverse repo rate 25 basis poin atau 0,25 persen.

"Turunnya kan cuma nol koma duapuluh lima. Tidak terlalu signifikan buat kami merevisi target tahun ini ya. Kami akan mempelajari situasi pasar. Yang jelas untuk joint promotion ini target dengan Perumnas semaksimal mungkin," imbuh Budi.

Direktur Pemasaran Perumnas Anna Kunti Pratiwi membenarkan, target kerja sama dengan BTN semaksimal mungkin hingga Rp 1,45 triliun sampai akhir 2019.

"Target ini tak terbatas untuk promoso 4SHIAP, namun juga untuk seluruh pembiayaan lebih dari 100 proyek properti yang sedang kami pasarkan sat ini," ucap Anna.

Selain suku bunga KPR/KPA rendah, menurut Anna, promosi 45HIAP juga dilengkapi beberapa  fasilitas seperti bebas biaya provisi, bebas biaya administrasi, dan proses yang cepat.

Kinerja

Perumnas sendiri hingga akhir 2018 telah membangun 22.000 rumah, sekitar 20 hingga 30 persen dialokasikan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Baca juga: Perumnas Lansir Menara Kedua Mahata Margonda

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com