Tujuh Ruas Tol Rp 151,13 Triliun Dilelang Tahun Ini

Kompas.com - 20/07/2019, 08:00 WIB
Ilustrasi jalan tolKementerian PUPR Ilustrasi jalan tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana melelang tujuh ruas tol pada tahun ini dengan total kebutuhan investasi Rp 151,13 triliun.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, saat ini yang sedang dalam pelaksanaan tender pertama yaitu Tol Balikpapan-Penajam-Paser Utara sepanjang 7,35 kilometer. 

Sebelumnya, tol yang diperkirakan menelan investasi sebesar Rp 15,35 triliun ini diprakarsai perusahaan pelat merah, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, melalui anak usahnya PT Waskita Tol Road (WTR).

Baca juga: Waskita Tunggu Lelang Jembatan Tol Penajam-Paser Utara

Sebagai pemrakarsa, Waskita akan mendapatkan hak penyamaan penawaran atau right to match pada saat tender. 

"Selain itu kita adakan pelelangan tahun ini untuk enam ruas lain yang paling dekat kemungkinan adalah Jalan Tol Solo-Yogyakarta," kata Danang di kantornya, Jumat (19/7/2019).

Proyek sepanjang 91,93 kilometer tersebut diprakarsai PT Adhi Karya (Persero) Tbk yang berkongsi dengan Gama Group dan PT Daya Mulia Turangga.

Sebelumnya, rencana pembangunan tol ini sempat mendapat penolakan dari Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X. Dia mengkhawatirkan kehadiran tol akan mematikan perekonomian masyarakat. 

Danang mengungkapkan, BPJT dan Dirjen Bina Marga telah melakukan pertemuan dengan Sri Sultan. Mereka menyampaikan rencana pelelangan tersebut.

"Harapan kami sebenarnya akhir bulan ini bisa kita mulai proses pelelangannya, sehingga berikutnya disiapkan market sounding dan pengumuman pendaftaran," ucapnya.

Berikutnya adalah ruas Tol Bawen-Yogyakarta sepanjang 77 kilometer. Untuk ruas ini, sebagian trase di wilayah Yogyakarta sudah final.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X