Wali Kota London Tolak Pembangunan Gedung Tulip

Kompas.com - 17/07/2019, 18:00 WIB
Foster + Partners merancang gedung berbentuk bunga tulip raksasa yang dirancang setinggi 305,3 meter DBOX Foster + Partners merancang gedung berbentuk bunga tulip raksasa yang dirancang setinggi 305,3 meter

KOMPAS.com - Tak dimungkiri, London merupakan kota bagi bangunan-bangunan dengan bentuk tak biasa.

Sejak Gherkin selesai dibangun pada 2004, kota ini menjadi pusat beberapa bangunan dengan bentuk unik. Sebut saja The Shard, The Cheese Grater, dan Walkie Talkie.

Selain itu, London juga akan dihiasi dengan gedung berbentuk tulip raksasa. Bangunan yang dinamakan The Tulip itu dirancang dengan fasad kaca berbentuk kuncup kelopak tulip.

Kendati sebelumnya disetujui, rencana pembangunan The Tulip ditolak oleh wali kota London, Sadiq Khan.

Baca juga: Akhirnya, Rencana Pembangunan Gedung Tulip di London Disetujui

Selain itu, Khan juga meyakini keberadaan gedung ini tidak banyak memberikan manfaat untuk publik. 

Dilansir dari CNN, Khan mengatakan, struktur gedung dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan bersejarah serta mengubah citra kota.

Langkah itu dilakukan selang empat bulan setelah pemerintah kota memberi lampu hijau ke obyek wisata setinggi 305,3 meter tersebut.

Selain wali kota, proposal pembangunan gedung, juga pernah menuai kritik dari pengguna media sosial dan pihak London City Airport.

gedung baru ini akan menjadi bangunan tertinggi kedua di Kota London setelah The Shard.  DBOX gedung baru ini akan menjadi bangunan tertinggi kedua di Kota London setelah The Shard.
Sebelumnya, keberadaan pencakar langit ini dinilai dapat mengganggu penerbangan dan akan berdampak pada radar serta sistem pendaratan.

Pasalnya, area yang akan menjadi lokasi berdirinya menara ini terletak sekitar 9,6 kilometer dari lokasi dibangunnya menara.

Halaman:


Sumber CNN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X