Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wali Kota London Tolak Pembangunan Gedung Tulip

Sejak Gherkin selesai dibangun pada 2004, kota ini menjadi pusat beberapa bangunan dengan bentuk unik. Sebut saja The Shard, The Cheese Grater, dan Walkie Talkie.

Selain itu, London juga akan dihiasi dengan gedung berbentuk tulip raksasa. Bangunan yang dinamakan The Tulip itu dirancang dengan fasad kaca berbentuk kuncup kelopak tulip.

Kendati sebelumnya disetujui, rencana pembangunan The Tulip ditolak oleh wali kota London, Sadiq Khan.

Selain itu, Khan juga meyakini keberadaan gedung ini tidak banyak memberikan manfaat untuk publik. 

Dilansir dari CNN, Khan mengatakan, struktur gedung dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan bersejarah serta mengubah citra kota.

Langkah itu dilakukan selang empat bulan setelah pemerintah kota memberi lampu hijau ke obyek wisata setinggi 305,3 meter tersebut.

Selain wali kota, proposal pembangunan gedung, juga pernah menuai kritik dari pengguna media sosial dan pihak London City Airport.

Pasalnya, area yang akan menjadi lokasi berdirinya menara ini terletak sekitar 9,6 kilometer dari lokasi dibangunnya menara.

Meski demikian, rencana tersebut disetujui oleh City of London Corporation, yang mengatur kota. Bahkan komite perencanaan dan transportasinya memberikan dukungan pada bulan April lalu.

Bangunan ini dirancang oleh firma arsitek terkenal, Foster + Partners. Rencananya, The Tulip akan menampilkan beragam atraksi termasuk galeri pandang pada bagian yang berbentuk tulip.

Sementara pada bagian tulip juga akan difungsikan sebagai restoran dan bar. Selain itu, pada bagian ini akan ditempatkan sebuah gondola yang dapat bergerak ke batas dan bawah.

Proyek ini rencananya menjadi salah satu pusat budaya dan wisata publik baru di ibu kota Inggris.

Sedangkan pembangunan sendiri, rencananya akan dilakukan pada tahun 2020 dengan catatan pemerintah kota menyetujui usulan rencana tersebut.

https://properti.kompas.com/read/2019/07/17/180000921/wali-kota-london-tolak-pembangunan-gedung-tulip

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke