Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Karya Arsitektur Indonesia Jadi Finalis "Dezeen Awards 2019"

Kompas.com - 16/07/2019, 12:56 WIB
Rosiana Haryanti,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua karya arsitektur Indonesia masuk dalam deretan finalis penghargaan Dezeen Awards 2019.

Kedua karya itu adalah Alfa Omega School di Tangerang karya RAW Architecture dan Riverbend House di Ubud karya firma IBUKU.

Alfa Omega School masuk dalam kategori Civic Building. Dalam ajang penghargaan ini, Alfa Omega School bersaing dengan 27 peserta dari berbagai negara.

Menurut Lead Architect dari RAW Architecture, Realrich Sjarief, bangunan sekolah ini dirancang sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar.

Baca juga: Gedung Rumah Sakit Indonesia Masuk Nominasi World Architecture Festival 2019

"Bangunan ada di lokasi rawa, di bawah ketinggian tanah, di bawah level nol," ungkap Realrich kepada Kompas.com, (30/10/2018).

Gedung ini berdiri di atas lahan seluas 11.700 meter persegi, sedangkan luas total bangunan sekitar 3.000 meter persegi.

Di dalam lingkungan sekolah berdiri empat buah bangunan utama, satu ruang workshop, satu dapur, dan dua buah gudang. Eric Dinardi Di dalam lingkungan sekolah berdiri empat buah bangunan utama, satu ruang workshop, satu dapur, dan dua buah gudang.
Di lingkungan sekolah berdiri empat buah bangunan utama, satu ruang workshop, satu dapur, dan dua buah gudang.

Uniknya, bangunan gudang yang ada di kompleks sekolah ini merupakan bekas bedeng para tukang.

Gedung Sekolah Alfa Omega juga dirancang dengan konsep yang terbuka dan dengan konsep passive cooling building, sehingga tidak memerlukan pendingin udara lagi.

Sementara, Riverbend House masuk dalam kategori Hospitality Building. Rancangan arsitektur ini akan bersaing dengan 23 bangunan lain.

Mengutip situs IBUKU, struktur bangunan mengikuti bentuk sungai. Hampir seluruh struktur bangunan dibuat dengan material bambu.

Tak hanya itu, penghuni dapat menikmati pemandangan alam dari ruangan yang terbuka 220 derajat.

Rumah ini dilengkapi dengan dua kamar tidur, ruang tamu, dan dapur dengan pemandangan Sungai Ayung di Bali.

Riverbend HouseIBUKU Riverbend House
Melansir laman Dezeen, penghargaan tahun ini menampilkan 267 proyek arsitektur yang akan bersaing dalam 10 kategori, antara lain Urban House, Rural House, Housing Project, Residential Rebirth Project, Civic Building, Cutural Building, Business Building, Hospitality Building, Rebirth Project, serta Small Building.

Pemenang dari setiap kategori akan diumumkan pada bulan Okrober 2019 dan akan bersaing dengan proyek arsitektur lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com