Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggul Laut Jadi Tol Bekasi-Banten Masih Draf Konseptual

Kompas.com - 13/07/2019, 15:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana mengembangkan jaringan tol baru di wilayah utara Jakarta. Tol yang akan menghubungkan wilayah Bekasi-Banten ini juga akan berfungsi sebagai tanggul laut.

Direktur Sungai dan Pantai Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR Jarot Widyoko menuturkan, draf rencana pengembangan ini masih disusun pemerintah bekerjasama dengan Korea Selatan dan Belanda.

"Sekarang posisi draf konseptual desain," kata Jarot di kantornya, Jumat (12/7/2019).

Baca juga: Tanggul Laut Jakarta Bakal Jadi Tol Bekasi-Banten

Ia menuturkan, beberapa waktu lalu Indonesia telah memperbarui nota kerjasama dengan Korsel dan Belanda yang sebelumnya telah berakhir pada Mei 2019 lalu.

Nota kerjasama ini merupakan lanjutan dari Pembangunan Terpadu Pesisir Ibu Kota Negara (PTPIN) atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) yang telah terbangun tanggul sepanjang 20,1 kilometer.

"Jadi sekarang baru tahap draft konseptual desain, itu stage III. Nanti (dilanjutkan sampai) IV-VII sampai selesai," kata Jarot.

Menurut dia, pemanfaatan tanggul laut sebagai jalan berbayar menjadi salah satu opsi yang akan mengemuka dalam pembahasan draf konseptual tersebut.

Opsi lainnya dapat berupa hunian atau pemanfaatan sebagai sarana dan prasarana umum lainnya.

Tentunya, ia menambahkan, pemanfaatan permukaan di atas tanggul laut akan menentukan jenis struktur, kemampuan teknis, serta besar kecilnya anggaran yang dibutuhkan.

"Secara umum seperti itu nanti detail desainnya nunggu ini (pembahasan selesai). Itu 2020 kalau enggak salah jadi ini sampai desain detail," tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com