Kementerian PUPR Sudah Ajukan Penlok Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya

Kompas.com - 05/07/2019, 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Bina Marga Sugiyartanto mengaku, telah menyelesaikan penentuan lokasi (penlok) proyek Tol Cileunyi-Garut-Tasik (Cigatas). Bahkan, penlok ini disebut telah diajukan ke Pemprov Jawa Barat untuk dipelajari.

"Sudah kami ajukan penloknya, semoga tidak terlalu lama sehingga kita bisa melakukan PPJT (perjanjian pengusahaan jalan tol) awal untuk pengadaan kesiapan lahannya dulu," kata Sugiyartanto, Selasa (2/7/2019).

Rencana pembangunan proyek Tol Cigatas diinisiasi PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Karena diprakarsai, proyek jalan berbayar yang rencananya terbentang sepanjang 72 kilometer itu tidak masuk dalam proyek strategis nasional (PSN).

Baca juga: Progres Tol Cigatas Baru Sampai Pembahasan Penlok

Kendati demikian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, Tol Cigatas termasuk satu dari 14 proyek tol prioritas yang akan diselesaikan pemerintah dalam beberapa tahun ke depan.

"Sekarang sudah mulai ini, juga penlok sudah ada. Bertahap, kalau penloknya nunggu yang semua lambat. Begitu ada desain yang pasti, kita ajukan penlok, nanti ada maju lagi," kata Basuki.

Basuki pun berharap, tender pengadaan proyek ini dapat segera dilakukan secara bertahap tanpa harus menunggu proses pembebasan lahan terlebih dahulu.

Tol Cigatas merupakan salah satu dari rencana pengembangan jaringan jalan berbayar di selatan Pulau Jawa.

Tol ini akan terkoneksi dengan jaringan jalan bebas hambatan sampai ke Cilacap hingga Yogyakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.