Jembatan Ikon Palu Segera Dibangun Kembali

Kompas.com - 23/06/2019, 10:57 WIB
Jembatan Ponulele atau Jembatan Kuning yang ambruk oleh gempa dan tsunami. Di sisi yang berdekatan dengan Kampung Lere, bagian-bagian jembatan dicabut dan dibongkar paksa oleh sekelompok orang. KOMPAS.COM/ROSYID AZHARJembatan Ponulele atau Jembatan Kuning yang ambruk oleh gempa dan tsunami. Di sisi yang berdekatan dengan Kampung Lere, bagian-bagian jembatan dicabut dan dibongkar paksa oleh sekelompok orang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jembatan Kuning yang menjadi salah satu ikon Kota Palu, Sulawesi Tengah, segera dibangun kembali.

Jembatan ini sebelumnya ikut hancur saat gempa bumi diikuti tsunami dan likuefaksi melanda wilayah tersebut pada September 2018 lalu.

Rekonstruksi jembatan yang berdiri di atas Teluk Talise ini dilaksanakan setelah pemerintah mendapat bantuan hibab dari Pemerintah Jepang melalui Japan International Coorporation Agency (JICA) sebesar 2,5 miliar Yen atau ekuivalen Rp 325 miliar.

"Bencana gempa dan tsunami telah mengakibatkan hancurnya sejumlah fasilitas dan infrastruktur publik, termasuk jalan dan jembatan," ucap Dirjen Bina Marga Sugiyartanto dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/6/2019).

Baca juga: Pasca-banjir, Pemerintah Perbaiki Jembatan Sulawesi Tenggara

Adapun penandatanganan perjanjian hibah dilangsungkan di Jakarta, Jumat (21/6/2019), oleh Sugiyartanto dan Kepala Kantor Perwakilan JICA Indonesia Shinichi Yamanaka.

Kepala BPJN XIV Palu Sulawesi Tengah A Satriyo Utomo mengatakan, saat ini rekonstruksi Jembatan Palu IV masih dalam tahapan persiapan lelang dan finalisasi desain jembatan.

"Panjang bentangnya direncanakan 250 meter, namun kita masih mendiskusikan apakah tipe jembatan cable stayed atau suspension bridge. Untuk lokasi, direncanakan tidak jauh dari lokasi Jembatan Palu IV sebelumnya," kata Satriyo.

Satriyo berharap, dibangunnya jembatan ini akan menjadi simbol kebangkitan dan optimisme masyarakat Palu pasca bencana.

Ditargetkan paling lambat rekonstruksi Jembatan Palu IV dapat diselesaikan pada tahun 2022.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X