Kazakhstan Berencana Bangun Gedung Tinggi di Atas Sungai

Kompas.com - 18/06/2019, 16:34 WIB
Lubang di tengah juga akan berfungsi mempertahankan pemandangan istana dari jalan raya terdekat. Fundamental ArchitectsLubang di tengah juga akan berfungsi mempertahankan pemandangan istana dari jalan raya terdekat.

KOMPAS.com - Ide untuk mendirikan rumah di atas jembatan telah banyak diaplikasikan. Namun bagaimana dengan gedung tinggi yang menjulan di atas aliran sungai?

Fundamental Architects dan Omega Render merancang Tower of the Sun, bangunan tinggi yang juga berfungsi sebagai jembatan di atas Sungai Ishim di Kazakhstan.

Bangunan serbaguna seluas 75.000 meter persegi ini didesain dengan ketinggian 121 meter yang mencakup perumahan, perkantoran, hotel, dan komersial.

Uniknya, pada tingkat paling dasar, terdapat jembatan yang menghubungkan taman di kedua sisi sungai khusus untuk para pejalan kaki dan pesepeda. Jembatan ini dapat diakses bebas oleh publik.

Bangunan serbaguna seluas 75.000 meter persegi ini didesain dengan ketinggian 121 meter yang mencakup perumahan, perkantoran, hotel, dan komersial.
Fundamental Architects+Omega Render Bangunan serbaguna seluas 75.000 meter persegi ini didesain dengan ketinggian 121 meter yang mencakup perumahan, perkantoran, hotel, dan komersial.
Kemudian di atas jembatan terdapat pusat perbelanjaan dengan dua lantai. Sedangkan dua buah lobi berbentuk segitiga di kedua sisi dasar pembukaan melingkar bangunan berfungsi sebagai titik masuk utama untuk perumahan mewah dan perkantoran.

Keunikan lainnya adalah bentuk lingkaran yang seolah melubangi inti gedung. Lubang pada bangunan terinspirasi dari bentuk bendera Kazakhstan.

Lubang di tengah juga akan berfungsi mempertahankan pemandangan istana dari jalan raya terdekat.

"Bangunan ini diposisikan secara strategis di garis pandang antara jalan raya utama dan istana, jadi saat mengemudi di jalan raya, kami tidak menghalangi pandangan ke arah Istana Presiden, "kata Vladimir Konovalov dari Fundamental Architects.

Pada bagian atap, terdapat teras yang dapat diakses publik menawarkan pemandangan cakrawala ibu kota.

Pada tingkat paling dasar, terdapat jembatan yang menghubungkan taman di kedua sisi sungai khusus untuk para pejalan kaki dan pesepeda. Fundamental Architects Pada tingkat paling dasar, terdapat jembatan yang menghubungkan taman di kedua sisi sungai khusus untuk para pejalan kaki dan pesepeda.
Gedung yang rencananya mulai dibangun pada tahun 2019 itu terinspirasi oleh ide-ide dan simbolisme budaya dan tradisi Kazakh.

Simbol-simbol tersebut terdapat pada bukaan melingkar di tengah bangunan yang melambangkan Matahari, Perdamaian, dan Persatuan.

Ketiga hal ini adalah simbol inti dalam budaya Kazakh. Selain itu terdapat elemen segitiga dalam struktur dan interior yang mewakili simbol yang biasanya ditemukan dalam perhiasan dan pakaian tradisional.

Uniknya, bangunan ini nantinya memanfaatkan kekuatan aliran air di sungai di bawahnya untuk menciptakan tenaga listrik tenaga air.

"Sebagai bagian dari rencana, aliran sungai akan dipersempit untuk meningkatkan alirannya sehingga aat digunakan untuk menghasilkan listrik dengan tenaga air," ucap Konovalov.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X