Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kazakhstan Berencana Bangun Gedung Tinggi di Atas Sungai

Fundamental Architects dan Omega Render merancang Tower of the Sun, bangunan tinggi yang juga berfungsi sebagai jembatan di atas Sungai Ishim di Kazakhstan.

Bangunan serbaguna seluas 75.000 meter persegi ini didesain dengan ketinggian 121 meter yang mencakup perumahan, perkantoran, hotel, dan komersial.

Uniknya, pada tingkat paling dasar, terdapat jembatan yang menghubungkan taman di kedua sisi sungai khusus untuk para pejalan kaki dan pesepeda. Jembatan ini dapat diakses bebas oleh publik.

Keunikan lainnya adalah bentuk lingkaran yang seolah melubangi inti gedung. Lubang pada bangunan terinspirasi dari bentuk bendera Kazakhstan.

Lubang di tengah juga akan berfungsi mempertahankan pemandangan istana dari jalan raya terdekat.

"Bangunan ini diposisikan secara strategis di garis pandang antara jalan raya utama dan istana, jadi saat mengemudi di jalan raya, kami tidak menghalangi pandangan ke arah Istana Presiden, "kata Vladimir Konovalov dari Fundamental Architects.

Pada bagian atap, terdapat teras yang dapat diakses publik menawarkan pemandangan cakrawala ibu kota.

Simbol-simbol tersebut terdapat pada bukaan melingkar di tengah bangunan yang melambangkan Matahari, Perdamaian, dan Persatuan.

Ketiga hal ini adalah simbol inti dalam budaya Kazakh. Selain itu terdapat elemen segitiga dalam struktur dan interior yang mewakili simbol yang biasanya ditemukan dalam perhiasan dan pakaian tradisional.

Uniknya, bangunan ini nantinya memanfaatkan kekuatan aliran air di sungai di bawahnya untuk menciptakan tenaga listrik tenaga air.

"Sebagai bagian dari rencana, aliran sungai akan dipersempit untuk meningkatkan alirannya sehingga aat digunakan untuk menghasilkan listrik dengan tenaga air," ucap Konovalov.

https://properti.kompas.com/read/2019/06/18/163401521/kazakhstan-berencana-bangun-gedung-tinggi-di-atas-sungai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke