Gedung Konser Keren Ini Awalnya Ruang Bawah Tanah

Kompas.com - 18/06/2019, 14:36 WIB
Andermatt Concert Hall Studio Seilern ArchitectsAndermatt Concert Hall

KOMPAS.com - Andermatt Concert Hall adalah sebuah ruang konser di Andermatt, sebuah desa di lembah Ursern di pegunungan Swiss.

Tempat pertunjukan yang dirancang oleh Studio Seilern Architects itu berada di sebuah ruang bawah tanah yang awalnya akan digunakan sebagai aula dan ruang pertemuan.

Studio Seilern Architects merancang bangunan sebagai bagian dari pengembangan hotel dan apartemen, yang sedang dibangun di atas pangkalan militer di Andermatt.

Pembangunan ini bertujuan mengubah desa Swiss menjadi tujuan budaya.

Andermatt Concert Hall Studio Seilern Architects Andermatt Concert Hall
"Mereka pada dasarnya membangun hotel ini dan mereka memiliki ruangan yang telah dibangun untuk konferensi, dan kami diminta untuk mengubahnya menjadi tempat konser," jelas tim desain.

Untuk mengubah cangkang beton ruang bawah tanah menjadi auditorium yang sesuai untuk pertunjukan besar, Studio Seilern Architects memindahkan atap dan merentangkannya ke atas.

"Kami harus meyakinkan klien bahwa ukuran ruangan itu sesuai untuk musik orkestra kamar yang lebih kecil. Namun kami memiliki masalah dengan bentuk ruangan, terutama ketinggian langit-langit yang tidak tepat untuk sebuah ruang konser," ucap tim desain.

Untuk itu, tim desain menambah ketinggian atap dari 7 meter menjadi 13 meter dan menggandakan volume ruang.

Hal ini membuat atap terlihat dari atas tanah. Untuk megakalinya, dibuatlah sebuah paviliun kecil dengan kaca di atasnya yang ditopang oleh kanopi menggantung.

Andermatt Concert Hall Studio Seilern Architects Andermatt Concert Hall
Selain itu, arsitek menambahkan fasad kaca pada paviliun yang memungkinkan orang yang lewat untuk melihat ke ruang.

Bagian depan kaca ini memungkinkan orang yang lewat di jalan untuk melihat ke bawah ke auditorium bawah tanah, sementara penonton di dalam venue dapat melihat keluar untuk melihat langit dan pegunungan di sekitarnya.

Fasad kaca ini juga membuat ruang konser dipenuhi dengan cahaya alami.

"Gagasan romantisnya adalah bahwa dalam konser musim dingin, penonton akan dikelilingi oleh angin puyuh salju, dan di musim panas dikelilingi oleh alam dan sinar matahari," jelas tim desain.

Andermatt Concert Hall Studio Seilern Architects Andermatt Concert Hall
Dari permukaan jalan, reflektor akustik terlihat melayang di atas ruang kosong, layaknya patung yang ditempatkan sebagai seni publik.

Lebih lanjut, auditorium ruang konser dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menampung orkestra dalam skala besar maupun kecil.

Tak hanya ruang pertunjukan, auditorium juga dapat dimanfaatkan sebagai ruang konferensi, acara, dan pameran.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X