Sebelum Membeli Rumah Bekas, Perhatikan 5 Hal Berikut

Kompas.com - 16/06/2019, 18:00 WIB
Jika berencana membeli rumah bekas, pastikan Anda telah memeriksa seluruh kondisi bangunan hingga keabsahan dokumen kepemilikan rumah.Shutterstock Jika berencana membeli rumah bekas, pastikan Anda telah memeriksa seluruh kondisi bangunan hingga keabsahan dokumen kepemilikan rumah.

Sumber

KOMPAS.com - Membeli rumah bekas dapat menjadi pilihan alternatif untuk memiliki rumah. Anda dapat memilih lokasi rumah yang lebih strategis tanpa harus mengkhawatirkan ketersediaan lahan.

Namun, proses pertimbangan yang dilakukan dalam membeli rumah bekas jelas berbeda dengan membeli rumah baru.

Pasalnya, bangunan rumah bekas rentan mengalami kerusakan karena telah lebih dulu dipergunakan.

Pertimbangan investasi dalam membeli rumah bekas perlu dilakukan dengan hati-hati dan cermat sehingga tidak mendatangkan kerugian di kemudian hari.

Pergunakan waktu sebijak mungkin untuk melakukan survei secara langsung ke lokasi rumah bekas yang akan dibeli.

Dalam melakukan observasi atas kondisi bangunan, jangan lupa memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Periksa Kualitas Bangunan

Periksa kualitas bangunanDekoruma Periksa kualitas bangunan
Tidak banyak rumah bekas yang dijual dalam kondisi yang sepenuhnya prima. Seiring bertambahnya usia rumah bekas, kualitas bangunannya pun akan semakin menurun.

Hal ini biasanya ditandai dengan munculnya keretakan pada bagian dinding, kebocoran pada atap, dan kerusakan pada plafon.

Oleh sebab itu, keseluruhan kondisi bangunan rumah bekas perlu diinspeksi secara mendetail.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X