Pencarian Rumah Usai Lebaran Melonjak 120 Persen

Kompas.com - 14/06/2019, 18:03 WIB
Ilustrasi.shutterstock Ilustrasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pergerakan pasar properti usai Lebaran memperlihatkan pergerakan positif. Hal tersebut terlihat dari minat masyarakat dalam mencari informasi tentang rumah dijual di portal properti.

Berdasarkan data Lamudi Indonesia, tren pencarian rumah melonjak hingga 120 persen. Para pencari rumah tertarik akan informasi rumah di kawasan Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau Bodetabek dengan harga di bawah Rp 500 juta.

Sejatinya, secara keseluruhan pencarian rumah pada bulan Mei ketika Ramadan lebih tinggi 8,07 persen jika dibandingkan bulan April.

Baca juga: Setelah Lebaran, Bersihkan Rumah dengan Baking Soda

Namun, tren tersebut menurun pada tanggal 21 Mei hingga H-1 Idul Fitri dan akhirnya kembali meningkat usai Lebaran.

Menurut Commercial Director Lamudi Indonesia Yoga Priyautama, tren pencarian ini memang lumrah terjadi setiap tahunnya.

Pencarian saat awal Ramadhan meningkat kemudian turun menjelang Lebaran dan kembali naik usai Idul Fitri.

“Ke depannya kami perkirakan, tren pencarian rumah akan semakin membaik hingga akhir tahun 2019,” kata Yoga dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Jumat (14/6/2019).

Salah satu faktor pemicunya adalah kepastian hukum setelah penetapan presiden dan wakil presiden hasil Pemilu April lalu.

Ditambah lagi, persoalan politik yang ada terkait hasil pemilu presiden akan diselesaikan secara konstitusional di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Bisnis properti sangat rentan terhadap kondisi politik, terutama untuk segmen atas yang banyak didominasi oleh investor. Mereka akan cenderung wait and see ketika melihat tidak stabilnya ekonomi dan keamanan,” tuntas Yoga.




Close Ads X