Setelah Lebaran, Bersihkan Rumah dengan Baking Soda

Kompas.com - 05/06/2019, 15:44 WIB
Ilustrasi baking sodaEKramar Ilustrasi baking soda

KOMPAS.com - Kegiatan membersihkan rumah seharusnya tidak perlu dianggap sebagai momok dan tugas yang menghabiskan banyak waktu.

Kini banyak cara praktis yang dapat Anda terapkan terutama dengan menggunakan baking soda.

Baking soda adalah nama lain untuk natrium bikarbonat yang juga dikenal sebagai soda bikarbonat.

Bubuk putih ini adalah campuran natrium dan hidrogen karbonat, dan paling sering digunakan untuk membuat kue atau roti soda.

Pembersih alami seperti cuka dan baking soda, selain lebih murah, ternyata relatif lebih aman ketimbang bahan-bahan kimia. Berikut ini cara penggunaan baking soda untuk berbagai kebutuhan di dalam rumah:

Bak cuci

Sebelum membersihkan bak cuci, tentu saja pemilik rumah harus menyelesaikan semua cucian kotor yang masih menumpuk di dalam bak tersebut.

Lalu basahi kembali seluruh permukaan bak cuci dengan air hangat. Taburkan baking soda ke permukaannya, gosok dengan kain lembut atau spons hingga membentuk pasta, kemudian bilas.

Kantung sampah

Kantung dan tempat sampah sering menjadi salah satu sumber bau di dapur. Setelah membersihkan isinya, tuangkan baking soda ke dalam kantung sampah.

Jika diperlukan, secara berkala bersihkan tempat sampah Anda dengan merendam isinya dengan menggunakan satu cangkir baking soda dan satu galon air.

Perlangkapan dapur dari perak

Perlengkapan makan dari perak pun dapat kembali bersinar. Buat pasta dengan menggunakan tiga bagian baking soda dan satu bagian air. Kemudian, seka pasta tersebut pada permukaan perlengkapan makan.

Baking soda bisa bekerja untuk Anda. Selain murah, mudah pula cara menggunakannya.bhs4.com Baking soda bisa bekerja untuk Anda. Selain murah, mudah pula cara menggunakannya.
Peralatan plastik dan loyang

Untuk berbagai noda membandel di permukaan plastik, rendam barang-barang tersebut pada campuran baking soda dan air hangat selama 15 menit. Setelah itu gosok dan keringkan.

Baking soda juga bisa menghilangkan sisa-sisa adonan pada loyang yang telah digunakan memanggang kue.

Anda hanya perlu menaburkan baking soda ke permukaan loyang, berikan air hangat, sabun cuci. Biarkan loyang tersebut terendam selama 15 menit, kemudian cuci bersih.

Halaman:



Close Ads X