"One Way" di Tol Bikin Macet Pantura, Indramayu-Bekasi 6 Jam

Kompas.com - 10/06/2019, 13:05 WIB
Rekayasan lalu lintas one way diberlakukan mulai dari KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga KM 29 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.
Dok. Jasa MargaRekayasan lalu lintas one way diberlakukan mulai dari KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga KM 29 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

JAKARTA, KOMPAS.com - Strategi pemerintah menerapkan sistem satu arah dari Gerbang Tol (GT)  Kalikangkung hingga GT Cikampek, rupanya membuat jalur arteri macet.

Tak pelak, pemudik yang memilih menghindari kemacetan di jalan tol, harus merasakan kemacetan di jalan arteri, dalam hal ini jalur pantura.

Salah satunya dirasakan Maulana Malik, mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang melakukan perjalanan dari Indramayu ke Jakarta pada Minggu (9/6/2019).

Ia bersama delapan orang keluarganya melakukan perjalanan dari Patrol sekitar pukul 13.00 WIB. Semula, perjalanan cukup lancar sampai mereka beristirahat di sebuah SPBU di wilayah Jatisari.

Sekitar pukul 14.40 WIB, perjalanan kembali dilanjutkan. Maulana mengaku, sempat terjebak macet di Simpang Jomin, Cirebon, namun tidak terlalu lama.

"Nah, baru mulai cancer pas setelah FO (Flyover) Cikampek hingga terminal Klari. Padat merayap dua arah," ungkap dia kepada Kompas.com, Senin (10/6/2019).

Butuh waktu tiga jam untuk dapat terbebas dari kemacetan. Setelah melewati Klari, kondisi jalan kembali lancar hingga wilayah Lemahabang.

Kemacetan di jalur arteri Indramayu-Cikampek, Minggu (9/6/2019).Maulana Malik Kemacetan di jalur arteri Indramayu-Cikampek, Minggu (9/6/2019).
Namun, horor kemacetan kembali dirasakan dari Lemahabang hingga Tambun.

"Di sana sekitar sejam. Sekarang lagi di pusat kota Bekasi, drop off saudara dulu," kata dia.

Bila diakumulasikan, total perjalanan dari Indramayu sampai Bekasi, ungkap Maulana, memakan waktu hampir enam jam.

"Oneway di jalan tol membuat numpuk semua di Klari sampai Cikampek," ucapnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X