Alergi Debu? Bersihkan Rumah dengan Cara Ini

Kompas.com - 07/06/2019, 16:00 WIB
Ilustrasi ruang tamu FreshomeIlustrasi ruang tamu

KOMPAS.com - Ada berbagai zat yang bisa memicu alergi, salah satunya adalah debu rumah. Debu rumah merupakan tempat mangkal aneka zat pemicu alergi, seperti serpihan sel kulit mati, spora jamur, sisa bangkai kecoa, dan lain sebagainya.

Padahal, debu yang menumpuk mudah ditemukan di semua ruangan rumah. Untuk itu, jangan anggap remeh alergi ini. Sebagai pemilik rumah, Anda perlu menjaga agar hunian bebas dari debu dengan cara-cara ini:

Kurangi pemasangan lukisan atau foto

Minimalisasi pemasangan lukisan, gambar, dan foto yang dibingkai pigura di dinding. Debu akan menempel di tempat-tempat kecil seperti ini sementara kita sering lupa membersihkannya secara teratur.

Tak hanya pigura, usahakan jangan memajang buku-buku di luar. Masukkan ke dalam lemari dan simpan rapat-rapat.

Tanam rumput

Tanam rumput dan tanaman kecil lainnya di halaman rumah. Dengan begitu debu jalanan bisa tertahan dan tidak masuk ke dalam rumah.

Namun perlu diperhatikan, bagi Anda yang menyukai tanaman di dalam rumah, ada baiknya kini mulai menempatkan tanaman-tanaman tersebut di luar.

Ini karena tanah yang digunakan pada pot tanaman dapat menjadi tempat untuk tumbuhnya jamur. Jika Anda benar-benar harus memiliki beberapa tanaman di dalam rumah, lapisi permukaan tanah dengan kerikil akuarium.

Cara lainnya adalah dengan menempatkan tanaman buatan untuk bagian dalam rumah. Tidak hanya terlihat cantik, tetapi tanaman ini tidak akan membuat Anda repot.

Ilustrasi rumah JepangPIXABAY/shell_ghostcage Ilustrasi rumah Jepang

Jangan menaruh barang di atas lemari

Tempat ini sering dimanfaatkan untuk menyimpan benda-benda yang jarang terpakai. Karena jarang dipakai itulah, barang jadi dihinggapi debu. Hal ini yang kemudian mengakibatkan bagian atas lemari sering menjadi sarang debu.

Jangan nyalakan kipas angin

Sebelum ruangan dibersihkan, jangan menyalakan kipas angin. Karena debu akan beterbangan ke tempat lain. Untuk memudahkan saat pembersihan, pastikan agar tidak ada angin di dalam rumah.

Ilustrasi furnitur dan interior Ilustrasi furnitur dan interior
Gunakan perabot rumah dari kayu atau plastik

Selain mudah dibersihkan, bahan kayu dan plastik juga tidak membuat debu-debu menempel. Dengan permukaan kayu, Anda dapat langsung melihat saat bola debu mulai terbentuk dan bisa menyingkirkannya segera.

Selain itu, usahakan ruangan rumah tidak memiliki banyak detil ukiran, tumpukan barang, dan furnitur. Fitur-fitur tersebut akan membuat kamar memiliki banyak permukaan.

Lebih banyak permukaan, berarti lebih banyak kesempatan menumpuknya debu. Jangan hanya menggunakan kemoceng ketika membersihkan debu di permukaan kamar Anda.

Gunakan juga kain serat mikro yang bersih dan lembab untuk membersihkan debu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X