Jalan Tol Trans-Sumatera Terpantau Lancar

Kompas.com - 04/06/2019, 08:54 WIB
Jalan Tol Trans-Sumatera dilihat melalui pantauan udara, Minggu (2/6/2019)Dok. Kementerian PUPR Jalan Tol Trans-Sumatera dilihat melalui pantauan udara, Minggu (2/6/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama dengan Hutama Karya melakukan pantauan udara di sepanjang Jalan Tol Trans-Sumatera.

Pantauan udara dilakukan pada Minggu (2/6/2019) dengan menyusuri ruas jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) seksi S.

Setelah itu, dilanjutkan dengan Jalan Tol Trans-Sumatera mulai dari ruas Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Pangang-Kayu Agung hingga Indralaya-Palembang.

Jalan Tol Trans-Sumatera dilihat melalui pantauan udara, Minggu (2/6/2019)Dok. Kementerian PUPR Jalan Tol Trans-Sumatera dilihat melalui pantauan udara, Minggu (2/6/2019)
Sebagai informasi, selama pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2019, Jalan Tol Trans-Sumatera sepanjang 189 kilometer dibuka secara fungsional mulai pukul 06.00 hingga 17.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Dari hasil pantauan tersebut, baik pemudik yang melintas di Jalan Tol Trans-Sumatera dan yang melakukan transaksi di pintu masuk gerbang tol Bakauheni Selatan terlihat ramai lancar.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit mengatakan, dari pantauan udara tersebut terlihat pelaksanaan arus mudik berjalan baik.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit bersama Direktur Jembatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Iwan Zarkasi, Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo, dan Kepala Divisi OPJT Hutama Karya J. Aries Dewantoro melakukan pantauan udara pelaksanaan arus mudik lebaran 2019 di Tol Trans Sumatera, pada Minggu, (2/6/19).Dok. Kementerian PUPR Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit bersama Direktur Jembatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Iwan Zarkasi, Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo, dan Kepala Divisi OPJT Hutama Karya J. Aries Dewantoro melakukan pantauan udara pelaksanaan arus mudik lebaran 2019 di Tol Trans Sumatera, pada Minggu, (2/6/19).
Menurutnya, hal ini terlihat dari pemberlakukan sistem pengaturan lalu lintas dua arah maupun satu arah. Selain itu penggunaan jalur operasional, fungsional, dan fungsional terbatas terlihat lancar.

"Ini merupakan suatu kerjasama yang sangat erat antara Pemerintah juga dengan BUJT yang telah mengelola jalan tol di wilayah Sumatera Selatan dan Lampung," ujar Danang dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (3/6/2019).

Meski demikian, Danang menuturkan, ada catatan yang harus diberikan. Menurutnya, BUJT perlu mempersiapkan diri lebih baik lagi terlebih pemberian pelayanan kepada masyarakat selama arus balik Lebaran nanti.

Jalan Tol Trans-Sumatera dilihat melalui pantauan udara, Minggu (2/6/2019)Dok. Kementerian PUPR Jalan Tol Trans-Sumatera dilihat melalui pantauan udara, Minggu (2/6/2019)
Untuk mendukung kelancaran mudik dan balik Lebaran, BPJT Kementerian PUPR bersama BUJT telah menyediakan sebanyak 12 Tempat Istirahat Sementara (TIS) Tipe C.

TIS tersebut tersebar di ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dan ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung masing-masing sebanyak 6 rest area.

Rest area Tipe C yang disediakan dilengkapi dengan fasilitas mushola, toilet portable, SPBU modular/kiosk/motoris, UMKM yang menyediakan makanan dan minuman daerah setempat, serta beberapa mobile ATM di beberapa titik rest area.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X