"One Way" Diperpanjang, Jasa Marga Antisipasi Macet di Cipali

Kompas.com - 02/06/2019, 09:49 WIB
Contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.PT Jasa Marga (Persero) Tbk Contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepadatan yang terjadi di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada Minggu (2/6/2019) pagi, menjadi alasan pelaksanaan satu arah (one way) diperpanjang hingga KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung.

Sedianya, one way hanya dilaksanakan mulai dari KM 70 Cikampek Utama hingga KM 263 Brebes Barat. Tak hanya diperpanjang, waktu pelaksanaannya pun dipercepat dari jam 09.00 WIB menjadi 06.14 WIB.

"Karena untuk menghindari titik kepadatan di sekitar Jalan Tol Palimanan. Karena ekor antreannya menyambung sampai Cikatama (GT Cikampek Utama)," ungkap Corporater Communications Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Irra Susiyanti kepada Kompas.com.

Baca juga: Merapah Trans-Jawa 4, Panduan Lengkap Mudik 2019

Kemacetan terjadi, sebut dia, karena penuhnya sejumlah rest area. Hal itu kemudian yang mengakibatkan banyak pengguna jalan berhenti di sepanjang ruas Cipali baik sekedar untuk beristirahat sejenak maupun tidur.

"Terutama pagi hari tadi," ucapnya.

Selain itu, ia menambahkan, perpanjangan ini juga dilakukan untuk mengurangi kepadatan di eks GT Cikopo. Di samping mengurangi kepadatan akibat transisi dari one way ke jalur normal di GT Brebes Barat.

Kompas Video KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Jawa 4 2019, kembali melanjutkan perjalanan setelah menyusuri ruas tol trans-jawa dari Merak hingga Probolinggo. Kali ini tim menuju kota Yogyakarta. Dalam perjalanan menuju kota pelajar tersebut, tim menyempatkan diri singgah di Posko Siaga Toyota di Rest Area Ungaran. Para teknisi Toyota dengan sigap melakukan pengecekan pada kondisi oli mesin, filter, rem sampai kaki-kaki. Tiba di Jogja, tim merapah menuju destinasi wisata di lereng merapi. Desa yang porak-poranda karena erupsi merapi pada 2010 tersebut kini bermetamorfosa menjadi kawasan wisata yang digemari wisatawan. Saksikan terus perjalanan Tim Merapah Trans-Jawa 4 di video selanjutnya #merapah #merapahtransjawa #merapahtransjawa4 #mudik #lebaran #arusmudik



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X