Rekor Baru, Lalu Lintas Mudik Lewat GT Cikatama Meroket 367 Persen

Kompas.com - 02/06/2019, 07:44 WIB
Sejumlah pengendara memperlambat laju kendaraannya saat memasuki Gerbang Tol Cikarang Utama, di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (21/12/2018). ANTARA/Risky AndriantoSejumlah pengendara memperlambat laju kendaraannya saat memasuki Gerbang Tol Cikarang Utama, di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (21/12/2018).

KARAWANG, KOMPAS.com - Empat hari jelang Lebaran atau 1 Juni 2019, data sementara lalu lintas mudik melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama (Cikatama) Tol Jakarta-Cikampek  adalah tertinggi sebanyak 86.000 kendaraan.

Angka ini meroket 367 persen dibanding rata-rata kondisi normal sebanyak 23.484 kendaraan.

Sebelumnya lalu lintas mudik tertinggi tercatat pada tanggal 30 Mei 2019 atau H-6 sejumlah 71.901 kendaraan.

GM PT Jasamarga Cabang Jakarta-Cikampek Raddy R Lukman mengungkapkan hal tersebut kepada Tum Merapah Trans-Jawa 4.0 Kompas.com.

Baca juga: Merapah Trans-Jawa 4, Panduan Lengkap Mudik 2019

"Ini angka tertinggi," kata Raddy.

Sementara itu, rekayasa lalu lintas satu arah atau one way kembali diberlakukan mulai pukul 06.14 WIB, dari KM 69 GT Cikatama Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan KM 414 GT Kalikangkung Tol Batang-Semarang.

Pemberlakuan one way pada hari keempat ini juga maju lebih awal dari yang telah direncanakan sebelumnya (pukul 09.00 WIB).

Pemberlakuan ini diputuskan dengan memastikan lajur sebaliknya (arah Jakarta) telah steril sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan ke Jakarta.

Sementara itu, untuk mengurai kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, atas diskresi pihak Kepolisian, Jasa Marga juga memberlakukan contraflow dua jalur dari KM 61 sampai dengan KM 70 mulai pukul 06.49 WIB.

Kompas Video KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Jawa 4 2019, kembali melanjutkan perjalanan setelah menyusuri ruas tol trans-jawa dari Merak hingga Probolinggo. Kali ini tim menuju kota Yogyakarta. Dalam perjalanan menuju kota pelajar tersebut, tim menyempatkan diri singgah di Posko Siaga Toyota di Rest Area Ungaran. Para teknisi Toyota dengan sigap melakukan pengecekan pada kondisi oli mesin, filter, rem sampai kaki-kaki. Tiba di Jogja, tim merapah menuju destinasi wisata di lereng merapi. Desa yang porak-poranda karena erupsi merapi pada 2010 tersebut kini bermetamorfosa menjadi kawasan wisata yang digemari wisatawan. Saksikan terus perjalanan Tim Merapah Trans-Jawa 4 di video selanjutnya #merapah #merapahtransjawa #merapahtransjawa4 #mudik #lebaran #arusmudik

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X