Kepadatan Terdistribusi, Puncak Arus Mudik Bergeser

Kompas.com - 01/06/2019, 20:35 WIB
Situasi lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 62 jelang rest area, Sabtu (1/6/2019). Saat ini tengah diterapkan rekayasa lalu lintas contraflow dari KM 29 hingga KM 70.GARRY ANDREW LOTULUNG/KOMPAS.com Situasi lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 62 jelang rest area, Sabtu (1/6/2019). Saat ini tengah diterapkan rekayasa lalu lintas contraflow dari KM 29 hingga KM 70.

CIKAMPEK, KOMPAS.com - Puncak arus mudik Lebaran 2019 yang akan berlangsung pada Jumat (31/5/2019), ternyata meleset dari perkiraan berbagai pihak.

Terbukti, menurut catatan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, hingga H-5 Lebaran, kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama baru mencapai 553.116 kendaraan menuju arah Timur, arah Barat dan arah Selatan.

Jumlah ini naik sebesar 32 persen dari lalulintas harian rata-rata (LHR) normal sebanyak 418.263 kendaraan.

Meski naik, menurut Corporate Communication Head Jasa Marga Irra Susiyanti, angka tersebut masih jauh dari prediksi yang mencapai 1,3 juta kendaraan.

"Ini artinya masih terdapat sekitar 800.000-an kendaraan lagi. Kemungkinan kendaraan akan terdistribusi malam ini hingga Minggu (2/6/2019) besok," tutur Irra kepada Tim Merapah Trans-Jawa 4.0 Kompas.com.

Baca juga: Lebih dari Setengah Juta Kendaraan Tinggalkan Jakarta dalam Tiga Hari

Dia menambahkan, catatan volume kendaraan pada Sabtu malam sekitar 70.000-an unit, dengan angka presisi bisa didapatkan setelah pergantian shift pertama rampung.

Hal senada dikatakan Wakil Direktur PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Firdaus Azis. Menurut dia, puncak arus mudik kemungkinan terjadi pada Sabtu malam ini dan Minggu besok.

"Kami bisa simpulkan itu karena catatan sementara shift pertama terdapat 36.000 kendaraan. Angka ini tertinggi sejak H-6 mencatat 30.000 kendaraan yang melintasi Tol Cikopo-Palimanan (Cipali)," tambah Firdaus.

Untuk diketahui rekayasa lalu lintas one way diperpanjang hingga KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Tol Batang-Semarang, Jasa Marga dengan diskresi Kepolisian kembali memaksimalkan lajur  contraflow yang sejak pukul 15.15 WIB diperpanjang dari KM 29 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Jadi saat ini berlaku kombinasi dua rekayasa lalu lintas sekaligus dengan jarak yang sangat panjang, yaitu contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek di titik awal KM 29 sampai dengan KM 70, yang terintegrasi langsung dengan one way di KM 70 Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama sampai dengan KM 414 GT Kalikangkung.

Kompas Video KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Jawa 4 Kompas.com kembali melanjutkan perjalanan ke Probolinggo, Jawa Timur. Probolinggo merupakan satu di antara 3 kabupaten yang dilalui ruas tol Pasuruan-Probolinggo. Tol yang memiliki panjang 31,1 KM ini merupakan akses bagi pemudik lebaran yang ingin singgah ke sejumlah tempat wisata yaitu Ranu Agung dan Madakaripura. Ruas Tol Pasuruan-Probolinggo berakhir di kilometer 841. Titik ini merupakan cikal bakal tol trans-jawa bagian terakhir yakin ruas Probolinggo-Banyuwangi sepanjang 172,90 KM. Saksikan terus perjalanan Tim Merapah Trans-Jawa 4 di video selanjutnya #merapah #merapahtransjawa #merapahtransjawa4 #mudik #lebaran #arusmudik

 




Close Ads X