Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kepadatan Terdistribusi, Puncak Arus Mudik Bergeser

Terbukti, menurut catatan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, hingga H-5 Lebaran, kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama baru mencapai 553.116 kendaraan menuju arah Timur, arah Barat dan arah Selatan.

Jumlah ini naik sebesar 32 persen dari lalulintas harian rata-rata (LHR) normal sebanyak 418.263 kendaraan.

Meski naik, menurut Corporate Communication Head Jasa Marga Irra Susiyanti, angka tersebut masih jauh dari prediksi yang mencapai 1,3 juta kendaraan.

"Ini artinya masih terdapat sekitar 800.000-an kendaraan lagi. Kemungkinan kendaraan akan terdistribusi malam ini hingga Minggu (2/6/2019) besok," tutur Irra kepada Tim Merapah Trans-Jawa 4.0 Kompas.com.

Dia menambahkan, catatan volume kendaraan pada Sabtu malam sekitar 70.000-an unit, dengan angka presisi bisa didapatkan setelah pergantian shift pertama rampung.

Hal senada dikatakan Wakil Direktur PT Lintas Marga Sedaya (LMS) Firdaus Azis. Menurut dia, puncak arus mudik kemungkinan terjadi pada Sabtu malam ini dan Minggu besok.

"Kami bisa simpulkan itu karena catatan sementara shift pertama terdapat 36.000 kendaraan. Angka ini tertinggi sejak H-6 mencatat 30.000 kendaraan yang melintasi Tol Cikopo-Palimanan (Cipali)," tambah Firdaus.

Untuk diketahui rekayasa lalu lintas one way diperpanjang hingga KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Tol Batang-Semarang, Jasa Marga dengan diskresi Kepolisian kembali memaksimalkan lajur contraflow yang sejak pukul 15.15 WIB diperpanjang dari KM 29 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Jadi saat ini berlaku kombinasi dua rekayasa lalu lintas sekaligus dengan jarak yang sangat panjang, yaitu contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek di titik awal KM 29 sampai dengan KM 70, yang terintegrasi langsung dengan one way di KM 70 Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama sampai dengan KM 414 GT Kalikangkung.

 

https://properti.kompas.com/read/2019/06/01/203542221/kepadatan-terdistribusi-puncak-arus-mudik-bergeser

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke