Kompas.com - 01/06/2019, 18:31 WIB
Situasi lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 62 jelang rest area, Sabtu (1/6/2019). Saat ini tengah diterapkan rekayasa lalu lintas contraflow dari KM 29 hingga KM 70. GARRY ANDREW LOTULUNG/KOMPAS.comSituasi lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 62 jelang rest area, Sabtu (1/6/2019). Saat ini tengah diterapkan rekayasa lalu lintas contraflow dari KM 29 hingga KM 70.

KARAWANG, KOMPAS.com - Setelah rekayasa lalu lintas one way diperpanjang hingga KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Tol Batang-Semarang, Jasa Marga dengan diskresi Kepolisian kembali memaksimalkan lajur contraflow yang sejak pukul 15.15 WIB diperpanjang dari KM 29 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Jadi saat ini berlaku kombinasi dua rekayasa lalu lintas sekaligus dengan jarak yang sangat panjang, yaitu contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek di titik awal KM 29 sampai dengan KM 70, yang terintegrasi langsung dengan one way di KM 70 Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama sampai dengan KM 414 GT Kalikangkung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Corporate Communication Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Irra Susiyanti, rekayasa lalu lintas ini berdasarkan diskresi kepolisian (Korlantas) dan sangat situasional.

Baca juga: Merapah Trans-Jawa 4, Panduan Lengkap Mudik 2019

"Jika melihat jadwal arus mudik, rekayasa lalu lintas ini akan dilakukan sampai pukul 21.00 WIB," kata Irra menjawab Tim Merapah Trans-Jawa 4.0 Kompas.com, Sabtu (1/6/2019).

Situasi lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 62, Sabtu (1/6/2019). Rekayasa lalu lintas contraflow diberlakukan mulai KM 29 hingga KM 70.GARRY ANDREW LOTULUNG/KOMPAS.com Situasi lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 62, Sabtu (1/6/2019). Rekayasa lalu lintas contraflow diberlakukan mulai KM 29 hingga KM 70.
Saat ini Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Palimanan masih terpantau padat di beberapa titik, terutama menjelang rest area.

Jasa Marga mengimbau kendaraan bus dan non golongan I serta pengguna jalan jarak dekat untuk tetap menggunakan jalur normal.

Selain itu, pengguna jalan tol yang belum melakukan perjalanan mudik agar dapat mengantisipasi waktu keberangkatan, kondisi lalu lintas serta rute perjalanan alternatif lainnya.

Kompas Video KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Jawa 4 Kompas.com kembali melanjutkan perjalanan ke Probolinggo, Jawa Timur. Probolinggo merupakan satu di antara 3 kabupaten yang dilalui ruas tol Pasuruan-Probolinggo. Tol yang memiliki panjang 31,1 KM ini merupakan akses bagi pemudik lebaran yang ingin singgah ke sejumlah tempat wisata yaitu Ranu Agung dan Madakaripura. Ruas Tol Pasuruan-Probolinggo berakhir di kilometer 841. Titik ini merupakan cikal bakal tol trans-jawa bagian terakhir yakin ruas Probolinggo-Banyuwangi sepanjang 172,90 KM. Saksikan terus perjalanan Tim Merapah Trans-Jawa 4 di video selanjutnya #merapah #merapahtransjawa #merapahtransjawa4 #mudik #lebaran #arusmudik
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.