Mudik Lebaran, Tol Cinere-Jagorawi Seksi 2 Dibuka Fungsional

Kompas.com - 01/06/2019, 04:24 WIB
Proyek pembangunan Tol Cijago di wilayah Depok, Tabu (20/2/2019). Proyek tol tersebut menghubungkan Tol Jagorawi menuju Cinere. Hingga kini pembangunan tol di ruas ini sudah mencapai wilayah Kukusan, Depok. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOProyek pembangunan Tol Cijago di wilayah Depok, Tabu (20/2/2019). Proyek tol tersebut menghubungkan Tol Jagorawi menuju Cinere. Hingga kini pembangunan tol di ruas ini sudah mencapai wilayah Kukusan, Depok.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Cinere-Jagorawi seksi 2 Raya Bogor-Kukusan akan dioperasikan secara fungsional selama arus mudik dan balik Lebaran 2019.

"PT Trans Lingkar Kita Jaya selaku Badan Usaha Jalan Tol yang melakukan pembangunan dan pengoperasian jalan tol telah melakukan persiapan2 untuk pengoperasian fungsional ruas tol Cinere-Jagorawi Seksi 2 Raya Bogor-Kukusan," ujar Direktur Operasi PT Translingkar Kita Jaya, Teddy Rosadi kepada Kompas.com, Jumat (31/5/2019).

Teddy mengungkapkan, dalam rangka membantu mobilitas dan kelancaran lalu lintas masyarakat Depok dan sekitarnya, pengoperasian jalan tol fungsional itu dilaksanakan selama tujuh hari mulai H-2 hingga H+4 Lebaran atau pada tanggal 3 Juni sampai 10 Juni 2019.

Baca juga: Merapah Trans-Jawa 4, Panduan Lengkap Mudik 2019

"Kami telah mendapat persetujuan dari BPJT untuk pengoperasian fungsional selama 7 hari mulai Senin 3 Juni 2019 pukul 14.00 WIB sampai dengan 10 Juni 2019 pukul 14.00 WIB," ucap dia.

Lebih lanjut, Teddy mengungkapkan jalan tol seksi 2 ini belum dikenai tarif. Pengguna jalan hanya membayar tarif sesuai dengan seksi 1 yang telah beroperasi.

"Pengguna jalan hanya membayar tarif seksi 1 sebesar Rp 4.500 untuk kendaraan golongan 1" imbuh dia. 

Pengenaan tarif tol

Pengoperasian dan pengenaan tarif Jalan Tol Cinere-Jagorawi seksi 2 Raya Bogor-Kukusan dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Kendaraan dari arah Jagorawi menuju Margonda dan Kukusan, transaksi dilakukan di Gerbang Tol (GT) keluar (off ramp pay) yaitu di GT Cisalak 2 (eksisting), GT Margonda 2, dan GT Kukusan 2.

Besaran tarif yang dibebankan sesuai dengan seksi 1 yang telah beroperasi.

b. Untuk arah sebaliknya yakni dari Kukusan dan Margonda menuju ke Jagorawi, transaksi dilakukan di GT masuk (on ramp pay) yaitu di GT Kukusan 1, GT Margonda 1, GT Cisalak 1, dan GT Cisalak 3.

Besaran tarif yang dibebankan sesuai dengan seksi 1 yang telah beroperasi.

c. Sementara GT Cisalak 4 dan GT Margonda 3 yang melayani kendaraan dari arah Raya Bogor ke Kukusan dan Margonda tidak difungsikan.

Selain itu, terdapat dua GT lain yang juga tidak difungsikan yakni di GT Margonda 1 (off ramp) dan GT Cisalak 3 (off ramp).

Teddy menambahkan, pihaknya juga telah menyiapkan kelengkapan jalan tol termasuk pemasangan marka, rambu, reflektor, serta petugas di lapangan selama pengoperasian jalur tersebut.

Kompas Video KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Jawa 4 Kompas.com kembali melanjutkan perjalanan ke Probolinggo, Jawa Timur. Probolinggo merupakan satu di antara 3 kabupaten yang dilalui ruas tol Pasuruan-Probolinggo. Tol yang memiliki panjang 31,1 KM ini merupakan akses bagi pemudik lebaran yang ingin singgah ke sejumlah tempat wisata yaitu Ranu Agung dan Madakaripura. Ruas Tol Pasuruan-Probolinggo berakhir di kilometer 841. Titik ini merupakan cikal bakal tol trans-jawa bagian terakhir yakin ruas Probolinggo-Banyuwangi sepanjang 172,90 KM. Saksikan terus perjalanan Tim Merapah Trans-Jawa 4 di video selanjutnya #merapah #merapahtransjawa #merapahtransjawa4 #mudik #lebaran #arusmudik

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X