Dua Hari, 81.460 Kendaraan Memasuki Jawa Tengah

Kompas.com - 31/05/2019, 20:05 WIB
Gerbang Tol KalikangkungDok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk Gerbang Tol Kalikangkung

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) mencatat terjadi peningkatan volume lalu lintas kendaraan yang melalui Gerbang Tol Kalikangkung di Jalan Tol Batang-Semarang.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (31/5/2019), selama dua hari atau pada periode H-7 dan H-6 Lebaran 2019, volume kendaraan yang masuk ke Jawa Tengah meningkat sebesar 81.460 atau sebesar 234 persen dari Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) sebesar 24.352 kendaraan.

PT JSB mencatat, pada H-7 atau pada tangal 29 Mei 2019, peningkatan volume kendaraan sebesar 172 persen atau 31.835 kendaraan dari LHR yakni sebanyak 11.699 kendaraan.

Baca juga: Merapah Trans-Jawa 4, Panduan Lengkap Mudik 2019

Sementara sehari setelahnya, peningkatan jumlah kendaraan tercatat sebanyak 49.625 kendaraan atau 292 persen dari LHR normal 12.653 kendaraan.

"PT JSB memaksimalkan 22 Gardu Operasi di GT Kalikangkung serta penambahan 11 Mobile Reader untuk melayani transaksi pemudik yang masuk ke wilayah Jawa Tengah tersebut," ujar Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk., Irra Susiyanti.

Lebih lanjut, guna meningkatkan meningkatkan kemanan dan kenyamanan pengguna jalan, PT JSB juga melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas bersama dengan diskresi kepolisan dan menempatkan petugas di lokasi rawan kepadatan dan kecelakaan.

Tak hanya itu, Jasa Marga sebagai induk usaha PT JSB juga terus mengimbau pemudik untuk memastikan kondisi pengendara dan kendaraan dalam keadaan prima.

Selain itu, pemudik juga diimbau untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum melakukan perjalanan.

Kompas Video KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Jawa 4 Kompas.com kembali melanjutkan perjalanan ke Probolinggo, Jawa Timur. Probolinggo merupakan satu di antara 3 kabupaten yang dilalui ruas tol Pasuruan-Probolinggo. Tol yang memiliki panjang 31,1 KM ini merupakan akses bagi pemudik lebaran yang ingin singgah ke sejumlah tempat wisata yaitu Ranu Agung dan Madakaripura. Ruas Tol Pasuruan-Probolinggo berakhir di kilometer 841. Titik ini merupakan cikal bakal tol trans-jawa bagian terakhir yakin ruas Probolinggo-Banyuwangi sepanjang 172,90 KM. Saksikan terus perjalanan Tim Merapah Trans-Jawa 4 di video selanjutnya #merapah #merapahtransjawa #merapahtransjawa4 #mudik #lebaran #arusmudik

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X