Tol Solo-Ngawi Dilintasi 15.000 Kendaraan Per Hari

Kompas.com - 31/05/2019, 19:57 WIB
Kendaraan melintas di Simpang Klodran (keluar masuk tol Solo-Ngawi) di Karanganyar, Jawa Tengah.KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Kendaraan melintas di Simpang Klodran (keluar masuk tol Solo-Ngawi) di Karanganyar, Jawa Tengah.

SOLO, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), Ari Wibowo mengatakan, lalu lintas harian rata-rata di Jalan Tol Solo-Ngawi sebesar 11.000 kendaraan setiap harinya.

Namun saat mudik Lebaran, jumlah ini meningkat hingga 15.000 kendaraan per hari. Ari menuturkan, peningkatan signifikan terjadi pada tanggal 29 Mei 2019 atau H-7 Lebaran di mana kendaraan yang melintas mencapai 20.000 unit.

Dari jumlah tersebut, mayoritas berasal dari Banyumanik (Semarang) sampai dengan Waru Gunung (Surabaya).

"Utk Solo Ngawi yang berada di tengah tergabung dalam Cluster 3. Untuk mayoritas lalu lintas yang melalui berasal dari dua gerbang tersebut," ujar Ari menjawab Kompas.com, Jumat (31/5/2019).

Meski begitu, penerapan diskon tarif tol tidak terlalu memengaruhi laju kendaraan yang melewati jalan bebas hambatan ini.

Baca juga: Merapah Trans-Jawa 4, Panduan Lengkap Mudik 2019

Sebelumnya, Ari mengatakan pada puncak arus mudik yakni Jumat (31/5/2019) dan Sabtu (1/6/2019) atau H-5 dan H-4 Lebaran diperkirakan kendaraan yang melewati jalan tol ini mencapai 41.000 per hari.

Karena itu, lanjut dia, untuk memantau pergerakan arus lalu lintas kendaraan mudik Lebaran pihaknya akan ditambah sebanyak 14 gardu satelit di gerbang tol Colomadu dan Ngemplak.

Menurut Ari, gerbang tol Colomadu dan Ngemplak akan menjadi akses utama kendaraan, baik dari arah barat maupun timur untuk menuju ke arah Solo maupun Yogyakarta.

Pihaknya juga menambah sembilan gardu satelit di Gerbang Tol Colomadu dan lima gardu satelit di GT Ngemplak. Selain itu, tersedia enam buah rest area yang disediakan di sepanjang Jalan Tol Solo-Ngawi.

Adapun keenam rest area tersebut antara lain di KM 519A, KM 519B, KM 538A, KM 538B, KM 575A dan KM 575B. Sementara untuk rest area di KM 575 masing-masing masih dalam tahap penyelesaian.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X