Antrean 9 Kilometer, "Contraflow" Diberlakukan di Tol Semarang-Solo

Kompas.com - 31/05/2019, 12:55 WIB
Antrean kendaraan di Tol Semarang-Solo, Jumat (31/5/2019). Kompas.com/HILDA B ALEXANDERAntrean kendaraan di Tol Semarang-Solo, Jumat (31/5/2019).

SEMARANG, KOMPAS.com - Rekayasa lalu lintas di jalan Tol Semarang-Solo berupa contraflow mulai diberlakukan pada pukul 12.11 WIB dengan pertimbangan arus kendaraan dari arah Gerbang Tol (GT) Kalikangkung mulai padat.

Dalam pantauan Tim Merapah Trans-Jawa 4.0 Kompas.com, antrean panjang kendaraan mencapai 9 kilometer, memenuhi dua lajur di satu jalur A Tol Semarang-Solo menuju Salatiga.

Pengemudi hanya dapat melajukan kendaraannya dengan kecepatan sekitar 5 kilometer hingga 10 kilometer per jam. 

Baca juga: Merapah Trans-Jawa 4, Panduan Lengkap Mudik 2019

Dari informasi yang dihimpun di lapangan, contraflow diberlakukan mulai dari KM 429 atau tepat di depan rest area  KM 429 A hingga KM 435.

Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). Volume arus mudik dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Bawen-Salatiga menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim pada H-5 siang hari terpantau padat merayap.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). Volume arus mudik dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Bawen-Salatiga menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim pada H-5 siang hari terpantau padat merayap.
Rekayasa lalu lintas akan berakhir bila kepadatan volume kendaraan dari GT Kalikangkung sudah berkurang.

Untuk diketahui, Jalan Tol Semarang-Solo dirancang sepanjang 72,64 kilometer. Terdiri dari lima seksi.

Seksi 1-3 mencakup ruas Tembalang-Salatiga, dan Seksi 4-5 meliputi Salatiga-Kartasura sepanjang 32 kilometer.

Dalam kondisi normal, waktu tempuh dari Semarang menuju Solo melalui jalan berbayar ini sekitar 1 jam hingga 1,5 jam.

Kompas Video KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Jawa 4 Kompas.com kembali melanjutkan perjalanan ke Probolinggo, Jawa Timur. Probolinggo merupakan satu di antara 3 kabupaten yang dilalui ruas tol Pasuruan-Probolinggo. Tol yang memiliki panjang 31,1 KM ini merupakan akses bagi pemudik lebaran yang ingin singgah ke sejumlah tempat wisata yaitu Ranu Agung dan Madakaripura. Ruas Tol Pasuruan-Probolinggo berakhir di kilometer 841. Titik ini merupakan cikal bakal tol trans-jawa bagian terakhir yakin ruas Probolinggo-Banyuwangi sepanjang 172,90 KM. Saksikan terus perjalanan Tim Merapah Trans-Jawa 4 di video selanjutnya #merapah #merapahtransjawa #merapahtransjawa4 #mudik #lebaran #arusmudik



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X