Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Terakhir Diskon Tarif Tol, 186.602 Kendaraan Tinggalkan Jakarta

Kompas.com - 30/05/2019, 16:26 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari terakhir pelaksanaan diskon tarif tol 15 persen saat mudik, Rabu (29/5/2019), tercatat 186.602 kendaraan meninggalkan Jakarta.

Tak hanya menuju wilayah timur, kendaraan-kendaraan tersebut juga menuju wilayah selatan dan barat Jawa dengan tujuan Pulau Sumatera.

Selama pelaksanaan arus mudik yakni H-7 hingga H-1 Lebaran, diperkirakan tak kurang dari 1.383.830 akan meninggalkan Jakarta.

Itu artinya, jumlah kendaraan yang saat ini telah keluar baru mencapai sekitar 13,5 persen dari perkiraan. Secara rinci, jumlah kendaraan yang menuju wilayah timur mencapai 87.337 kendaraan.

Baca juga: Merapah Trans-Jawa 4, Panduan Lengkap Mudik 2019

Pergerakan mereka terbelah menjadi dua yakni melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama sebanyak 57.405 kendaraan, dan 29.932 kendaraan melewati Gerbang Tol Kalihurip Utama.

Mereka yang melintasi GT Cikampek Utama akan menuju wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan sekitarnya melalui Tol Cikopo-Palimanan.

Sedangkan yang melewati GT Kalihurip Utama akan menuju wilayah Bandung dan sekitarnya melewati Tol Cipularang-Padaleunyi.

 Sementara itu, pemudik yang menggunakan jalur selatan menuju Puncak melalui GT Ciawi Tol Jagorawi sebanyak 33.370 kendaraan.

Sedangkan yang hendak menuju wilayah barat yakni Banten dan Pulau Sumatera, tercatat terdapat 65.895 kendaraan yang melintas di GT Cikupa Tol Tangerang-Merak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com