KM 840 Ruas Paspro, Titik Akhir Jalan Tol Trans Jawa

Kompas.com - 28/05/2019, 08:18 WIB
Kondisi aktual Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo yang telah beroperasi pasca diresmikan Presiden Joko Widodo, siap dilintasi pemudik, Minggu (26/5/2019). Tampak Gerbang Tol Probolinggo Timur. Kristianto Purnomo/Kompas.comKondisi aktual Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo yang telah beroperasi pasca diresmikan Presiden Joko Widodo, siap dilintasi pemudik, Minggu (26/5/2019). Tampak Gerbang Tol Probolinggo Timur.

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Kilometer (KM) 840 Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro). Inilah titik akhir dari Jalan Tol Trans Jawa yang telah beroperasi.

Sementara dalam dokumen RPJMN 2015-2019, Jalan Tol Trans Jawa meliputi 1.150 kilometer dengan ruas terakhir Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi).

Namun, kondisi Tol Probowangi sepanjang 172,39 kilometer saat ini masih dalam tahap pengukuran tanah untuk kemudian dibebaskan hingga akhir tahun ini.

Dengan dibukanya Tol Paspro, membuat Merak di Banten, hingga Probolinggo di Jawa Timur terhubung seluruhnya sebagai bagian dari koridor Tol Trans Jawa.

Ujung jaringan tol yang dirancang sejak 1978 atau saat kepemimpinan Soeharto ini ditandai dengan Gerbang Tol (GT) Probolinggo Timur.

Sedianya, Tol Paspro terdiri dari empat Seksi. Namun, yang sudah dibangun dan beroperasi baru tiga Seksi.

Baca juga: Ekspedisi Mudik Merapah Trans Jawa 4.0 Sampai di Surabaya

Ketiga seksi yang dimaksud yakni Seksi 1 Grati-Tonggas sepanjang 13,5 kilometer, Seksi 2 Tonggas-Probolinggo Barat sepanjang 6,9 kilometer, dan Seksi 3 Probolinggo Barat-Probolinggo Timur sepanjang 10,9 kilometer.

Adapun Seksi 4 Probolinggo Timur-Gending sepanjang 13,7 kilometer masih dalam tahap proses pengubahan rencana usaha. 

Pembangunan rest area 833 A tol Pasuruan - Probolinggo di Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (26/5/2019).KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Pembangunan rest area 833 A tol Pasuruan - Probolinggo di Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (26/5/2019).
Dalam pembangunannya, Tol Paspro menelan investasi Rp 4,8 triliun dan dikelola oleh PT Waskita Toll Road melalui anak usaha PT Trans Jawa Paspro Tolll Road.

Masa konsensinyanya 45 tahun, sesuai dengan dokumen perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT). 

Sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 10 April 2019 lalu, Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) mencatat lalu lintas harian rata-rata 12.000 kendaraan. 

Direktur Utama PT Waskita Toll Road Herwidiakto mengungkapkan hal itu kepada Tim Merapah Trans Jawa 4.0 Kompas.com, Minggu (26/5/2019). 

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X