Jelang Mudik, Dua "Rest Area" Tol Paspro Dioperasikan Sementara

Kompas.com - 26/05/2019, 23:42 WIB
Kondisi aktual Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo yang telah beroperasi pasca diresmikan Presiden Joko Widodo, siap dilintasi pemudik, Minggu (26/5/2019). Tampak Simpang Susun Tongas. Kristianto Purnomo/Kompas.comKondisi aktual Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo yang telah beroperasi pasca diresmikan Presiden Joko Widodo, siap dilintasi pemudik, Minggu (26/5/2019). Tampak Simpang Susun Tongas.

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Memasuki H-9 Lebaran, Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) siap dilintasi pemudik. 

Infrastruktur bebas hambatan ini terpantau dalam kondisi mulus, dengan trek lurus sepanjang 31,1 kilometer, mulai dari Gerbang Tol (Grati) dan berujung di GT Probolinggo Timur.

Dari pantauan Tim Merapah Trans Jawa 4.0 Kompas.com pada Minggu (26/5/2019), jalan yang konsesinya dipegang oleh PT Waskita Toll Road ini, memiliki tiga simpang susun (SS) atau interchange

Baca juga: Ekspedisi Mudik Merapah Trans Jawa 4.0 Sampai di Surabaya

Ketiganya adalah SS Tongas di KM 822, SS Muneng di KM 829, dan SS Leces di KM 840.

Kondisi aktual Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo yang telah beroperasi pasca diresmikan Presiden Joko Widodo, siap dilintasi pemudik, Minggu (26/5/2019). Tampak rest area yang berada di KM 833 A . Namun tempat istirahat tipe B ini masih dalam proses konstruksi.Kristianto Purnomo/Kompas.com Kondisi aktual Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo yang telah beroperasi pasca diresmikan Presiden Joko Widodo, siap dilintasi pemudik, Minggu (26/5/2019). Tampak rest area yang berada di KM 833 A . Namun tempat istirahat tipe B ini masih dalam proses konstruksi.
Selain SS, jalan tol ini juga dilengkapi dengan dua  rest area atau tempat istirahat di KM 833 jalur A dan B. 

Namun, kedua tempat istirahat tipe B ini belum rampung dibangun alias masih dalam tahap konstruksi.

Menurut Direktur Utama PT Trans Jawa Paspro Toll Road Dwi Pratikto, tempat istirahat ini akan siap melayani pemudik sepekan sebelum Lebaran atau H-7.

"Kami terus mempercepat pengerjaannya. Untuk sementara, kami membangun fasilitas-fasilitas standar seperti toilet, mushala, dan tempat makan. Adapun pom bensin masih bersifat sementara dan portable," tutur Dwi.

Kondisi aktual Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo yang telah beroperasi pasca diresmikan Presiden Joko Widodo, siap dilintasi pemudik, Minggu (26/5/2019). Tampak Gerbang Tol Probolinggo Timur.Kristianto Purnomo/Kompas.com Kondisi aktual Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo yang telah beroperasi pasca diresmikan Presiden Joko Widodo, siap dilintasi pemudik, Minggu (26/5/2019). Tampak Gerbang Tol Probolinggo Timur.
Dwi menargetkan, kedua tempat istirahat ini selesai dikerjakan pada awal 2020 mendatang. Tempat istirahat ini hanya bersifat temporer untuk kepentingan pelayanan pemudik.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Waskita Toll Road Herwidiakto menambahkan, perusahaan masih melakukan due diligence bagi peritel-peritel yang akan mengisi dua tempat istirahat ini.

Menurut dia, ada banyak peritel skala lokal, nasional, maupun asing yang tertarik membuka gerainya di ruas Jalan Tol Paspro.

Jika mengacu pada Peraturan Menteri (PM) PUPR Nomor 10/PRT/M/2018 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan, badan usaha jalan tol (BUJT) harus mengalokasikan 30 persen dari total luas area tempat istirahat untuk pengusaha UKM.

"Namun, kami harus mempertimbangkan nilai bisnis jalan tol yang merupakan investasi jangka panjang. Kalau bicara 30 persen, kami sudah memenuhi. Sementara di sisi lain kami membuka opsi bagi perusahaan besar nasional dan asing untuk bergabung,"  tuntas Herwidiakto.

Kompas Video KOMPAS.com - Mudik tak lagi identik dengan kata bosan, terutama bagi Anda yang berdomisili di Pulau Jawa. Tol Trans Jawa telah dibuka, membentang sepanjang 965 kilometer dari Merak sampai Probolinggo. Hadirnya tol Trans Jawa tentu mempermudah akses antar kota, serta membuat mudik menjadi lebih lancar dan menyenangkan. Inilah yang menjadi fokus dalam program " Merapah Trans Jawa 4.0" yang dipersembahkan oleh Kompas.com. Beragam informasi akurat tepercaya mulai dari kondisi fisik jalan tol, tarif tol, perawatan kendaraan sebelum mudik, cara berkendara yang baik, wisata kuliner dan obyek wisata alam disajikan secara khas, edukatif, informatif, positif, dan inspiratif dalam platform multimedia, berupa artikel, foto, dan video, serta Visual Interaktif Kompas (VIK). #merapahtransjawa4 #merapahtransjawa #otomotif #toltransjawa #mudik #arusmudik #travel #tol

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X