Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Desain Rumah Impian

Kompas.com - 26/05/2019, 21:02 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Metode dan bahan baru yang diperkenalkan sejak awal abad ke-20 telah menawarkan kepada para arsitek dan klien cara-cara baru dalam merancang hunian.

Sebuah buku baru, Houses: Extraordinary Living, memetakan pergeseran rasa, gaya, dan pemikiran tentang kehidupan rumah dan desain hunian unik di seluruh dunia, termasuk desain hunian impian dari seluruh dunia:

Graham House, Kanada

Arsitek Kanada yang terkenal, Arthur Erickson dan Geoffrey Massey, mendesain rumah modernis pantai barat ini di lokasi yang sangat curam di Vancouver Barat.

Bangunan utama terletak di atas permukaan tebing yang curam dan kasar. Struktur ini diselesaikan pada tahun 1963.

Baca juga: Ide Kreatif, Desain Rumah di Lahan Sempit Padat Penduduk

Selain bangunan utama, arsitek juga memberikan beberapa bangunan tambahan yang didesain layaknya balok yang melayang dan berbentuk horisontal sebagai bangunan bertingkat.

Namun sayang, rumah rancangan Erickson ini teah dihancurkan pada 2007.

Desert House, AS

Desert HouseJim Jennings Architecture Desert House
Meski berada di tengah gurun, arsitek Jim Jennings dan Therese Bisell merancang rumah yang tertutup.

Meski begitu, dari dalam penghuni dapat menikmati pemandangan lingkungan sekitar seperti pohon-pohon palem, Pegunungan San Jacinto, dan langit biru cerah yang dibingkai oleh atap datar yang melayang dan serambi yang memberikan keteduhan bagi penghuninya.

Edgeland House, AS

Edgeland HousePaul Bardagjy Edgeland House
Arsitek Bercy Chen Studio mengadopsi interpretasi modern dari rumah pit asli Amerika sebagai model utama dalam merancang hunian ini.

Uniknya, antara tempat tidur dan tempat tinggal tidak terdapat penghubung agar penghuni dapat menghabiskan lebih banyak waktu di luar.

Sebelum membangun rumah, dia mengali tanah hingga kedalaman dua meter untuk memulihkan kondisi lahan yang telah rusak karena industri di Texas.

Struktur rumah sendiri selesai dibangun pada 2012.

House in Itsuura, Jepang

House in ItsuuraLife Photo Works Osamu Abe House in Itsuura
Rumah miring satu lantai di Prefektur Ibaraki Jepang ini bertengger di dua pilar yang terbentuk secara organik. Interiornya dilapisi kayu dengan kayu dari area lokal, dan fasadnya menampilkan bilah miring yang dapat mengatur suhu, membiarkan cahaya masuk, serta memberikan privasi.

Ruangan tempat tinggal berada di struktur sayap yang lebih panjang, sedangkan sayap yang lebih pendek digunakan sebagai kamar tidur.

Baca juga: 5 Desain Rumah Masa Kini yang Patut Dicoba

Hunian unik ini dirancang oleh arsitek Life Style Koubou. Setelah selesai membangun struktur rumah, ia menanam 60 buah pohon untuk membantu meregenerasi daerah tersebut.

Halaman:
Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com