30 Toilet Penyandang Disabilitas Tersebar di Tol Trans Jawa

Kompas.com - 23/05/2019, 16:47 WIB
Toilet khusus yang disedikan PT Jasa Marga (Persero) Tbk bagi penyandang disabilitas. PT Jasa Marga (Persero) TbkToilet khusus yang disedikan PT Jasa Marga (Persero) Tbk bagi penyandang disabilitas.
Penulis Dani Prabowo
|
Editor Latief

JAKARTA, KOMPAS.com - Para penyandang disabilitas yang melakukan perjalanan mudik memakai kendaraan pribadi atau bus kini tak perlu khawatir bila ingin buang air kecil atau besar di rest area jalan tol. Ada 30 unit toilet khusus yang disediakan PT Jasa Marga (Persero) Tbk di sepanjang koridor Tol Trans Jawa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Corporate Communication Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti, mengatakan ke-30 unit toilet tersebut tersebar di 14 Tempat Istirahat dengan Pelayanan (TIP) atau rest area besar.

Toilet khusus yang disedikan PT Jasa Marga (Persero) Tbk bagi penyandang disabilitas.PT Jasa Marga (Persero) Tbk Toilet khusus yang disedikan PT Jasa Marga (Persero) Tbk bagi penyandang disabilitas.

"Kondisi rest area, lebih khususnya toilet, saat arus mudik dan balik kerap terlihat antrean yang cukup panjang. Apalagi, penyandang disabilitas mengalami kesulitan untuk menggunakan fasilitas toilet di rest-rest area tertentu," kata Irra dalam keterangan tertulis, Kamis (23/5/2019).

Dengan hadirnya toilet ini, diharapkan pemudik dapat lebih nyaman ketika pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Selain fasilitas toilet khusus, Jasa Marga juga menambah beberapa toilet di seluruh jalan tol miliknya yang berada di ruas Trans Jawa. Perseroan juga menambah dan menempatkan petugas pengaturan parkir, keamanan dan kebersihan di rest area.

Toilet khusus yang disedikan PT Jasa Marga (Persero) Tbk bagi penyandang disabilitas.PT Jasa Marga (Persero) Tbk Toilet khusus yang disedikan PT Jasa Marga (Persero) Tbk bagi penyandang disabilitas.

"Jasa Marga juga menerapkan Manajemen Rest Area untuk meminimalisir kepadatan di area rehat seperti menerapkan sistem zoning, penyediaan informasi parkir melalui Rest Area Monitoring System (RAMS) dan penambahan berbagai fasilitas seperti posko kesehatan dan tempat ibadah," tandasnya.

Berikut letak toilet khusus tersebut:

- TIP 88A Jalan Tol Padaleunyi: 4 unit
- TIP 88B Jalan Tol Padaleunyi: 6 unit
- TIP 97B Jalan Tol Padaleunyi: 2 unit
- TIP 125B Jalan Tol Padaleunyi: 2 unit
- TIP 149B Jalan Tol Padaleunyi: 2 unit
- TIP 207A Jalan Tol Palikanci: 1 unit
- TIP 360B Jalan Tol Batang-Semarang: 5 unit
- TIP 519A Jalan Tol Solo-Ngawi: 1 unit
- TIP 519B Jalan Tol Solo-Ngawi: 1 unit
- TIP 575A Jalan Tol Solo-Ngawi: 1 unit
- TIP 575B Jalan Tol Solo-Ngawi: 1 unit
- TIP 597A Jalan Tol Ngawi-Kertosono: 1 unit
- TIP 725A Jalan Tol Surabaya-Mojokerto: 1 unit
- TIP 726B Jalan Tol Surabaya-Mojokerto: 2 unit



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.