Kumpulkan Dua Menteri, Komisi V Bahas Persiapan Mudik

Kompas.com - 21/05/2019, 12:44 WIB
Raker persiapan arus mudik di Komisi V DPR, Selasa (21/5/2019). KOMPAS.com/DANI PRABOWORaker persiapan arus mudik di Komisi V DPR, Selasa (21/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi V DPR menggelar rapat kerja dengan sejumlah menteri Kabinet Kerja terkait persiapan mudik dan balik Lebaran 2019, Selasa (21/5/2019).

Para menteri yang hadir di antaranya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Kakorlantas Irjen Pol Refdi Andri.

Basuki menuturkan, ada tiga aspek yang diperhatikan pemerintah dalam mendukung kelancaran arus mudik dan balik, yaitu prasaranan, manajemen lalu lintas dan perilaku pengguna jalan.

"Saya di Kementerian PUPR bertanggung jawab untuk penyediaan prasarananya. Kalau dalam rangka mudik ini pasti saya jadi sub sistemnya Kementerian Perhubungan," kata Basuki di Kompleks Parlemen.

Baca juga: Pemudik, Catat Informasi Lengkap Tarif dan Fasilitas Tol Trans-Jawa

Basuki menegaskan, secara umum prasarana mudik berupa jalan, baik tol maupun jalan nasional sudah lebih siap dibandingkan tahun lalu.

Untuk jalan Tol Trans Sumatera, misalnya, ada 503 kilometer yang siap untuk dilalui pemudik, baik itu yang sifatnya fungsional maupun operasional.

"Fungsional sudah rigid cuma belum operasi karena rambu-rambu sedang kita selesaikan," kata dia.

Sementara di Jawa, hampir 1.000 kilometer jalan tol siap digunakan masyarakat dari Merak hingga Surabaya.

Hal ini ditambah dengan kehadiran ruas Tol Pandaan-Malang yang baru diresmikan beberapa waktu lalu sepanjang 30,6 kilometer.

"Sedangkan untuk jalan nasionalnya, Pantura, tengah, dan selatan sudah siap. Kemarin Jembatan Kolonel Sugiarto di Kudus sudah dibuka resmi, hari ini jembatan di Temanggung dibuka untuk umum," tuntas Basuki.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X