Rumah Tetap Aman Saat Ditinggal Mudik, Begini Caranya

Kompas.com - 14/05/2019, 15:14 WIB
Ilustrasi rumah Wentao LiIlustrasi rumah

JAKARTA, KOMPAS.com – Lebaran 2019 tinggal beberapa pekan lagi. Sudah menjadi ritual budaya bagi masyarakat Indonesia untuk merayakan hari raya bersama keluarga besar di kampung halaman.

Bagi Anda yang berencana mudik ke luar kota dalam waktu sepekan atau lebih, tentu harus melakukan persiapan agar perjalanan berlangsung dengan aman dan nyaman.

Selain itu, Anda juga harus memikirkan rumah yang ditinggalkan supaya keamanannya tetap terjamin sampai kembali pulang dengan keadaaan selamat.

Baca juga: Tips Mudik Lewat Jalan Tol

Berikut ini beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika Anda meninggalkan rumah saat mudik:

1. Kunci pintu dan jendela rumah

Mengunci pintu dan jendela merupakan hal paling mudah untuk menjaga keamanan rumah. Sebelum Anda meninggalkan rumah, pastikan pintu dan jendela sudah tertutup dan terkunci rapat. Ada baiknya menambah gembok untuk membuatnya lebih aman. 

Sebaiknya bawa saja kunci tersebut dan pastikan tidak hilang. Jangan menyimpan kunci di tempat-tempat yang biasa diketahui orang, seperti di bawah keset, rak sepatu, atau pot bunga. Sebab, biasanya akan menjadi incaran pencuri.

2. Lepaskan colokan kabel listrik dan regulator tabung gas

Tentunya di rumah Anda terdapat berbagai colokan kabel listrik perangkat elektronik, misalnya televisi, komputer, radio, lemari es, pendingin ruangan (AC), mesin cuci, dan dispenser.

Melepaskan colokan kabel dari lubang setrum listrik akan mengantisipasi terjadinya hubungan pendek arus listrik atau korsleting.

Begitu pula dengan regulator tabung gas. Pastikan Anda sudah melepasnya dan menutup rapat tabung  agar gas di dalamnya tidak mudah keluar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X