Tips Mudik Lewat Jalan Tol

Kompas.com - 14/05/2019, 10:41 WIB
Kemacetan kendaraan di pintu keluar tol Brebes Timur, Jawa Tengah, Jumat (01/07/2016). Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-3 lebaran. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Kemacetan kendaraan di pintu keluar tol Brebes Timur, Jawa Tengah, Jumat (01/07/2016). Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada H-3 lebaran. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

JAKARTA, KOMPAS.com – Bulan puasa sudah berjalan lebih dari satu minggu. Lebaran 2019 terasa makin dekat. Masyarakat pun mulai melakukan berbagai persiapan untuk merayakan hari raya bersama keluarga tercinta.

Salah satu kegiatan tahunan yang dilaksanakan masyarakat adalah mudik ke kampung halaman. Perjalanan pulang kampung ini bisa ditempuh lewat jalur laut, udara, dan darat.

Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan lewat darat, terutama melintasi jalan tol, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar lancar sampai ke tujuan.

Baca juga: Pemudik, Catat Tarif Tol Lengkap Sebelum Pulang Kampung

Berikut ini tipsnya:

A. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima. Periksa semua bagian kendaraan berfungsi dengan baik dan normal.

Bila perlu, bawa kendaraan Anda ke bengkel mobil langganan untuk diperiksa oleh mekanik profesional agar lebih terjamin keamanannya.

B. Sediakan peralatan untuk memperbaiki mobil jika mengalami kerusakan di jalan. Jangan lupa juga membawa kotak berisi obat-obatan dan kelengkapan kesehatan sebagai pertolongan pertama apabila ada yang sakit dalam perjalanan.

C. Siapkan saldo kartu tol elektronik Anda. Pastikan jumlahnya mencukupi mulai dari masuk gerbang tol pertama sampai akhir gerbang tol tujuan. Sekarang Anda bisa menghitung tarif tol yang akan dilintasi melalui berbagai media massa.

D. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang rute jalan tol yang akan ditempuh, misalnya tarif tol, peraturan yang berlaku, rambu-rambu lalu lintas, dan fasilitas yang tersedia, seperti tempat istirahat (TI/rest area).

E. Bawa makanan dan minuman secukupnya sebagai bekal dalam perjalanan apabila belum menemukan tempat makan yang cocok, baik untuk berbuka puasa maupun ada anggota keluarga yang sakit.

F. Perhitungkan juga kecukupan bahan bakar kendaraan (BBM) supaya tidak kehabisan saat di tengah jalan. Jangan ragu mengisi BBM di SPBU atau TI terdekat meskipun Anda merasa jumlahnya masih cukup.

Sebab, di beberapa ruas tol, jarak antara TI yang satu dan TI berikutnya bisa sampai ratusan kilometer yang belum tentu cukup dengan BBM di kendaraan Anda.

G. Pakailah waktu secukupnya saat berada di TI. Tentukan tujuan Anda, apakah untuk mengisi BBM, beristirahat sejenak, beribadah, membeli makanan dan minuman, atau yang lain. Dengan begitu, Anda bisa segera melanjutkan perjalanan.

H. Taati peraturan dan rambu lalu lintas di sepanjang jalan tol yang Anda lintasi. Semuanya itu dibuat demi keselamatan dan keamanan para pengguna jalan.

Selain itu, cari tahu informasi terbaru mengenai pemberlakuan aturan tertentu, misalnya sistem satu arah (one way) dan contraflow.

Demikian beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebelum mudik. Semoga perjalanan Anda berlangsung aman dan nyaman, serta bisa merayakan Lebaran tahun ini dengan menyenangkan. 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X