Tol Pandaan-Malang Gratis Sampai Lebaran

Kompas.com - 13/05/2019, 14:30 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Pandaan-Malang, Senin (13/5/2019). Peresmian didampingi oleh Dirut PT Jasa Marga Tbk Desi Arryani, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Menteri BUM Rini M Soemarno. Dokumentasi Jasa MargaPresiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Pandaan-Malang, Senin (13/5/2019). Peresmian didampingi oleh Dirut PT Jasa Marga Tbk Desi Arryani, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Menteri BUM Rini M Soemarno.

MALANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) meminta pengelola Tol Pandaan-Malang, PT Jasamarga Pandaan Malang, dapat menggratiskan tol ini selama pelaksanaan  mudik dan balik Lebaran 2019.

Menurut Presiden, lampu hijau penggratisan tarif ini telah diberikan Menteri BUMN Rini M Soemarno yang menjadi induk dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

"Saya tadi bisik-bisik kepada pemilik jalan tol, Bu Menteri BUMN, jangan sampai bayar dulu sampai Lebaran. Gratisin dulu sampai lebaran. Sampai Lebaran saja enggak usah lama-lama," kata Presiden saat peresmian di Gerbang Tol Singosari, Malang, Senin (13/5/2019).

"Sudah dijawab, bisa Pak. Masa, yang minta Presiden enggak diberi," seloroh mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca juga: Tol Pandaan-Malang Bakal Pangkas 70 Persen Kemacetan

Menurut Presiden, tol ini belum dikenakan tarif untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik yang akan berlangsung dalam waktu dekat.

"Ya biar mudik semakin lancar dan tidak membebani masyarakat," cetusnya.

Presiden pun berharap, kehadiran tol ini dapat mendukung mobilitas arus kendaraan barang dan jasa serta masyarakat dari Surabaya menuju Malang atau sebaliknya.

Sebab, kehadiran jalan tol ini diyakini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan lebih efisien.

Baca juga: Diresmikan Jokowi, Tol Pandaan-Malang Beroperasi

"Tol Surabaya sampai ke Malang sudah bertahun-tahun ditunggu oleh masyarakat, yang sebelumnya tadi Pak Bupati Malang menyampaikan biasanya ditempuh sampai 3 jam, kadang sampai 3,5 jam. Sekarang setelah ini jadi diperkirakan hanya 1 jam," ungkap Presiden.

Presiden meresmikan Seksi 1-3 Tol Pandaan Malang yang terbentang sepanjang 30,6 kilometer dari Pandaan hingga Singosari.

Adapun Seksi 4-5 dari Singosari ke Malang sepanjang 7,8 kilometer ditargetkan rampung secara bertahap sebelum akhir tahun 2019.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X