Sebenarnya, Milenial Mampu Beli Apartemen Cicilan Rp 3 Juta Per Bulan

Kompas.com - 13/05/2019, 07:00 WIB
Ilustrasi milenial FREEPIKIlustrasi milenial

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalangan milenial usia produktif dengan rentang usia yang baru mulai bekerja dan berkarir secara profesional hingga level penyelia, manajer, dan pemilik perusahaan rintisan, dinilai sangat mampu membeli apartemen.

Bayangkan, generasi 18-35 tahun ini kerap membelanjakan sebagian besar uangnya untuk gaya hidup agar tetap dipandang eksis di komunitasnya. 

Sebut saja, nongkrong di kafe, ganti gawai setiap ada seri terbaru meluncur, menjadi pelanggan jaringan film atau televisi berbayar, menjadi anggota klub kebugaran, pakaian teranyar, hingga makan di restoran-restoran instagramable.

"Kalau dihitung-hitung, untuk membiayai gaya hidup seperti itu, mereka menghabiskan uang tak kurang dari Rp 8 juta per bulan," ungkap Vice President Triniti Land Bong Chandra, kepada Kompas.com, Minggu (12/5/2019).

Baca juga: Milenial Bisa Punya Dua Rumah, Begini Triknya...

Padahal, uang sebanyak itu bisa dialihkan untuk barang yang lebih produktif. Contohnya, properti yang bisa dijadikan sebagai hunian tinggal sekaligus instrumen investasi.

Di sinilah, kata Bong, perlunya edukasi terhadap kalangan milenial bagaimana mengelola keuangan mereka tanpa harus kehilangan interaksi sosial dengan komunitasnya.

Pengeluaran Rp 8 juta per bulan tersebut, bisa dibagi-bagi dalam beberapa pos rutin untuk barang produktif dan instrumen investasi.

"Misalnya, membeli apartemen. Cicilannya hanya Rp 3 juta per bulan untuk tipe studio. Sisihkan 30 persen penghasilan untuk cicilan apartemen. Itu sangat mudah diakses oleh milenial. Sementara uang muka atau down payment (DP) sekarang sudah bisa dicicil kok," papar Bong.

Milenial, lanjut dia, harus cerdas membelanjakan uangnya. Seperti mereka yang telah menjadi konsumen produk-produk yang Bong tawarkan.

Dari total 300 unit produk apartemen yang terjual hingga April 2019, dalam catatan Bong, sekitar 50 persen hingga 60 persen merupakan konsumen milenial.

"Hal ini menunjukkan bawha, sebenarnya kalangan milenial sangat mampu membeli apartemen. Jadi siapa bilang, apartemen tidak bisa mereka akses?," imbuh dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X