Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemegahan Permainan Cahaya di Mosque of Light Dubai

Kompas.com - 12/05/2019, 03:00 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Keindahan Mosque of Light atau masjid cahaya merupakan salah satu hal yang harus Anda lihat saat berkesempatan mengunjungi Dubai, Uni Emirat Arab.

Masjid ini didesain oleh perusahaan arsitektur NUDES yang berkantor di Mumbai, India. Bahkan desain itu masuk menjadi salah satu materi peserta dalam kompetisi Dubai Creek Harbor.

Tempat ibadah ini dirancang memperoleh permainan cahaya dari bentuk geometri bangunan berlapis-lapis yang mampu menyaring cahaya matahari kala siang hari sehingga bisa terasa hangat saat berada di dalamnya.

Baca juga: Ada Cinta pada Motif Batik Truntum di Masjid Kubus Solo

Terletak sebagai bagian dari proyek Dubai Creek Harbor Development, Mosque of Light akan menjadi bagian dari pembangunan kawasan yang lebih besar.

Terdapat sekitar 48.500 unit rumah dengan lebih dari 175.000 penduduk.

Mosque of Light di Dubai.NUDES / Archdaily Mosque of Light di Dubai.

Dibuat untuk mengakomodasi kegiatan salat setiap hari, masjid ini berorientasi pada dinding kiblat utama untuk ruang shalat di lantai dasar bagi pria dan wanita.

Di dalamnya, NUDES menciptakan desain dengan mengubah pola formal pada umumnya dan memantulkan cahaya matahari dari permukaan ganda yang bentuknya melengkung.

Efek ini semakin terasa dengan adanya rangkaian lubang mashrabiya yang dihasilkan dari pengulangan geometri bangunan yang sederhana.

Sistem pencahayaan ini melindungi bagian dalam masjid dari sinar matahari yang masuk secara berlebihan sehingga ruangan bisa terasa sejuk dan nyaman untuk beribadah dan berkumpul.

Mosque of Light di Dubai.NUDES / Archdaily Mosque of Light di Dubai.

Bangunan ini juga memiliki teras terbuka dan area di lantai dasar yang terhubung ke empat menara masjid.

Secara keseluruhan, desain masjid ini menggunakan konsep yang sederhana dan transparan sebagai tempat ibadah yang mampu menginspirasi jemaah untuk beribadah bersama dan melakukan kebaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com