Bocoran Ibu Kota Baru, Kota di Kalimantan Salah Satu Pilihan

Kompas.com - 03/05/2019, 19:41 WIB
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil bersama jajarannya saat jumpa pers di kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Jumat (3/5/2019). KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEAMenteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil bersama jajarannya saat jumpa pers di kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Jumat (3/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com – Rencana pemerintah memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke kota lain menimbulkan spekulasi.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil memberi sedikit bocoran tentang lokasi calon ibu kota negara itu.

Menurut dia, posisi yang ideal adalah berada di tengah wilayah Indonesia, bukan di bagian timur dan bukan juga di bagian barat. Hal itu untuk memudahkan keterjangkauannya dari berbagai wilayah Tanah Air.

“Yang paling penting kalau di Sumatera terlalu jauh dari timur, kalau di Papua lebih jauh dari barat. Oleh sebab itu, cari lokasi yang di tengah-tengah,” ucap Sofyan di Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Di daerah yang akan menjadi ibu kota baru itu saat ini masih terdapat banyak lahan kosong yang antara lain berupa hutan.

Baca juga: Ibu Kota Baru, Daerah yang Memiliki Tanah Negara 300.000 Hektar

Status lahan juga merupakan milik negara sehingga pemerintah tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk pembebasan tanahnya.

“Tanahnya ada, lokasi bagus. Tanah negara. Bukan tanah BPN ya, masih tanah kehutanan. Sebagian, cukup besar masih tanah kawasan hutan. Nanti tinggal dilepaskan,” kata Sofyan.

Saat ditanya mengenai lokasi ibu kota yang dipilih adalah di Pulau Kalimantan, dia menyebutkan bahwa itu merupakan salah satu pilihan.

Namun, untuk persisnya, Sofyan tidak bersedia mengatakan saat ini karena sudah menjadi kesepakatan bersama pemerintah pusat.

“Salah satu alternatif di Kalimantan. Kami tidak mengatakan di Kalimantan Tengah atau di mana, harus dilihat dulu berbagai aspek,” imbuhnya.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X