Kompas.com - 26/04/2019, 14:12 WIB
Tol JORR II Kunciran-Serpong Paket II Parigi-Serpong Jumat (14/09/2018). Erwin Hutapea/Kompas.comTol JORR II Kunciran-Serpong Paket II Parigi-Serpong Jumat (14/09/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam waktu dekat, enam ruas Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 segera beroperasi. Kehadiran jalan tol ini diyakini bakal menggeliatkan pertumbuhan bisnis properti di sekitar kawasan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketua Umum Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Bernardus Djonoputro mengungkapkan, salah satu faktor cepatnya pertumbuhan kawasan residensial dan komersial baru yaitu kemudahan akses mobilitas masyarakat.

Jaringan jalan baru dapat memudahkan akses masyarakat menuju ke pusat kota pun. Potensi inilah yang kemudian dapat dimanfaatkan pengembang untuk membangun kawasan hunian terutama yang lokasinya berdekatan dengan akses pintu tol.

"Kalau dilihat dari sumbu radius JORR 2 ini, rata-rata kira-kira kan 20-25 kilometer dari pusat kota. Itu cukup ideal untuk menumbuhkan (kota) satelit-satelit baru untuk on/off ramp secara alamiah," kata Bernie kepada Kompas.com, Jumat (26/4/2019).

Pengembangan kawasan residensial ini, menurut dia, tak hanya sebatas kompleks perumahan atau komersial skala kecil. Lebih dari itu, pengembangan kawasannya bahkan dapat mencapai skala kota mandiri.

Baca juga: Siap-siap, Megapolitan Jabodetabek Terhubung Jalan Tol Tahun 2020

"Mungkin bisa mencapai 4-5 satelit baru yang bisa tumbuh. Karena tentu JORR ini kan langsung bisa ke arah Maja, Jonggol, Bekasi, Cikarang dan lain-lain kan," sebut Bernie.

Untuk diketahui, dalam waktu dekat ruas JORR 2 yang segera beroperasi yaitu Kunciran-Serpong sepanjang 11,14 kilometer.

Saat ini, progres kontruksi jalan berbayar ini telah mencapai 88,78 persen dan pembebasan tanah telah mencapai 98,7 persen.

Adapun lima ruas lainnya akan dioperasikan secara bertahap mulai tahun ini hingga tahun depan.

Dengan beroperasinya seluruh jaringan yang dibangun, wilayah DKI Jakarta akan dikelilingi jaringan jalan berbayar baru sepanjang 109,4 kilometer.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Status Terkini Tol JORR 2

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.