BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Polytron

3 Tips Mudah untuk Ubah Dapur Jadi Lebih Elegan

Kompas.com - 25/04/2019, 16:16 WIB
Ilustrasi lemari esDok. Polytron Ilustrasi lemari es

KOMPAS.com –  Dapur merupakan salah satu ruangan yang istimewa dan penting dalam sebuah rumah, sebab di sanalah berbagai kebutuhan makanan terlebih dahulu diolah sebelum dikonsumsi oleh sang penghuni.

Namun, terkadang banyak pemilik rumah kurang memperhatikan pentingnya pemeliharaan dapur. Mulai dari berbagai alat masak yang tergeletak begitu saja, bumbu-bumbu masak berserakan, hingga permukaan dinding sudah berkerak.

Alhasil, penghuni rumah pun enggan untuk berlama-lama di dapur karena faktor ketidaknyamanan tersebut.

Oleh karena itu, wajib hukumnya untuk selalu menjaga kebersihan dapur agar senantiasa nyaman bila berada di sana. Selain menjaga kebersihan, penting pula untuk menata tampilan dapur agar terlihat elegan. 

Melansir buku berjudul Kitchen Creativity oleh Karen Page, dengan tampilan dapur yang elegan, Anda tak hanya merasa nyaman, tapi juga akan meningkatkan daya kreativitas dalam memasak.

Nah, berikut ini adalah tiga tips yang Kompas.com rangkum untuk membuat dapur terlihat lebih elegan.

Gunakan top table bermaterial solid surface

Dapur dengan desain modern minimalis, minim detail, dan mudah dibersihkan merupakan tren dapur yang sedang digemari akhir-akhir ini.

Untuk membuat nuansa tersebut, cobalah menggunakan top table bermaterial solid surface. Misalnya, top table yang terbuat dari batu granit dan marmer berwarna putih, perak, atau hitam.

Dengan material tersebut, Anda akan dengan mudah membersihkannya dan juga tidak mudah rusak.

Tak hanya top table, Anda pun bisa memberikan sentuhan terhadap kabinet dapur. Caranya, Anda bisa mengecat ulang kabinet dan mengganti handel pintu dengan model baru.

Untuk menambah kesan estetis, Anda bisa meletakkan beberapa titik cahaya pada langit-langit dapur agar terlihat lebih “anggun”.

Ilustrasi lemari esDok. Polytron Ilustrasi lemari es

Memakai peralatan berbahan khusus

Melansir artikel Kompas.com, Kamis (8/3/2018), peralatan dapur yang menggunakan material stainless steel akan lebih mudah dirawat dan dibersihkan. 

Selain tahan lama dan secara fisik kuat untuk digunakan sehari-harinya, bahan ini pun akan menambah daya pikat elegan pada dapur Anda secara keseluruhan.

Tak hanya material berbahan stainless steel, alat-alat dapur yang menggunakan material tempered glass bisa pula menjadi pertimbangan.

Asal tahu saja, tempered glass sendiri merupakan kaca float yang telah melalui berbagai proses pemanasan termal. Proses tersebut membuat tempered glass memiliki kekuatan yang lebih baik dalam menghadapi tekanan dan benturan.

Tak cuma itu, tempered glass juga mampu bertahan dalam perubahan suhu ekstrem sehingga lebih aman untuk digunakan.

Salah satu alat dapur yang direkomendasikan menggunakan material ini adalah lemari es.

Biasanya, lemari es konvensional menggunakan metal door untuk bagian pintunya. Namun, bahan material ini memiliki banyak kelemahan, seperti tampilan yang lebih cepat kusam dan mudah berkarat.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mulai berencana untuk membeli lemari es berbahan tempered glass seperti yang dimiliki oleh Polytron dengan Lemari Es Belleza-nya.

Dengan bahan tempered glass door yang dimiliki, Lemari Es Belleza akan bertahan lebih lama dan lebih kuat. Alhasil, Anda bisa menikmati tampilan premium dan elegan yang terpampang sejak pertama kali membeli terus-menerus.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi laman resmi Polytron di sini.

Bahan bermaterial stainless steel direkomendasikan karena awet dan mudah dibersihkanDok. Polytron Bahan bermaterial stainless steel direkomendasikan karena awet dan mudah dibersihkan

Padupadankan warna cat dinding dengan warna perabot

Trik terakhir untuk membuat dapur Anda menjadi lebih elegan adalah memadupadankan warna cat dinding dengan warna perabot yang terdapat di dapur.

Sebisa mungkin jangan memilih warna yang saling bertabrakan karena hal ini akan memberikan kesan mencolok sehingga membuat tampilan dapur kurang estetis.

Untuk warna dinding, Anda bisa memilih warna terang, misalnya putih atau kuning. Ini sebab warna terang akan membantu efek pencahayaan di dalam dapur menjadi lebih cerah, baik pada siang atau malam hari.

Hal itu terjadi lantaran, pada siang hari, sinar matahari yang masuk ke dalam dapur akan terpantul secara lebih merata, sedangkan pada malam hari sinar lampu akan tersebar sehingga seisi ruangan mendapat sinar yang seimbang.

Jangan lupa pula untuk memberikan sentuhan seni untuk tampilan yang lebih elegan. Misalnya, memberikan hiasan dinding berupa lukisan atau pigura kata-kata bijak yang bisa membuat Anda semakin bersemangat untuk memasak.

Dengan begitu lengkap sudah tampilan dapur baru Anda. Selamat berkreasi!

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE