10 Pengembang Top Indonesia versi BCI Asia

Kompas.com - 23/04/2019, 20:02 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepuluh pengembang properti Indonesia meraih penghargaan BCI Asia Top 10 Awards 2019. 

Penghargaan ini diberikan kepada pengembang dengan nilai agregat proyek terbesar yang sedang dibangun selama kalender penuh 2018.

Research Manager BCI Asia Cahyono Siswanto menjelaskan, penilaian agregat ini berdasarkan pada proyek yang tengah dikerjakan pengembang tersebut pada tahun berjalan.

Kendati terdapat pengembang yang melansir banyak proyek baru namun tidak langsung dikerjakan pada tahun yang sama, maka nilai proyek tersebut tidak masuk dalam penghitungan.

"Jadi di sini benar-benar nilai konstruksi, bukan nilai hasil jualan," kata Cahyono kepada Kompas.com, Selasa (23/4/2019).

Baca juga: 10 Arsitek Top Indonesia versi BCI Asia

Adapun nilai proyek yang tengah dikembangkan kesepuluh developer tersebut mencapai 1,21 miliar dollar atau setara Rp 15,77 triliun.

Nilai ini sedikit turun bila dibandingkan tahun 2018 yang mencapai 1,3 miliar dollar AS atau setara Rp 17,9 triliun. Namun, bila dibandingkan dua tahun lalu, perolehan ini mengalami kenaikan.

Pada portofolio tahun 2017, tercatat nilai proyek sepuluh pengembang yang masuk nominasi yang sama hanya mencapai 1,05 miliar dollar AS atau setara Rp 14 triliun.

Cahyono menambahkan, ada perbedaan di dalam komposisi pengembang yang masuk nominasi tahun ini.

Empat developer yang sebelumnya masuk yakni PT Intiland Development Tbk, PT Jaya Real Property Tbk, Pollux Properties Indonesia dan PT Lippo Karawaci Tbk, kali ini terlempar dari daftar.

Posisi mereka digantikan PT Astra Land Indonesia, PT Pakuwon Jati Tbk, PT Wijaya Karya Realty, dan PT Summarecon Agung Tbk.

"Memang kalau kita lihat ada keluar masuk, semua tergantung kondisi. Misalnya, ada developer yang intensif merilis produk dan membangun, itu ada konsistensi per tahun itu ada," jelas Cahyono.

"Tapi ada juga pengembang yang lansir tahun ini tapi tahun depan baru bangun. Kenapa kita ada annual event ini untuk memetakan tolok ukur," imbuhnya.

Berikut daftar 10 developer yang menerima penghargaan tersebut:

  1. PT Adhi Commuter Properti
  2. PT Ciputra Development Tbk
  3. PT Astra Land Indonesia
  4. PT Pakuwon Jati Tbk
  5. PT Wijaya Karya Realty
  6. PT Summarecon Agung Tbk
  7. PT PP Properti Tbk
  8. Sinarmas Land
  9. PT Trans Property
  10. PT Waskita Karya Realty

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X