WMS Boathouse, Karya Salah Satu Tokoh Berpengaruh versi "Time"

Kompas.com - 20/04/2019, 20:33 WIB
WMS Boathouse di Sungai Chicago. ArchdailyWMS Boathouse di Sungai Chicago.

KOMPAS.com – Pada saat Clark Park masuk perencanaan revitalisasi Sungai Chicago, Wali Kota saat itu, Rahm Emanuel, mengusulkan untuk membangun salah satu dari empat fasilitas rumah perahu yang ada di tepi sungai itu.

Secara bersamaan, inisiatif Emanuel didukung oleh pendanaan hampir 1 juta dollar AS atau sekitar Rp 12 miliar dari Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat untuk membantu membersihkan sungai dan mendorong terciptanya lapangan kerja. Angka itu sesuai kurs tahun 2013 ketika rumah perahu itu dibangun.

Realisasi dua dari empat rumah perahu itu dilakukan dengan menugaskan Studio Gang untuk membangun WMS Boathouse yang berlokasi di sepanjang Sungai Chicago bagian selatan.

Saat ini WMS Boathouse di Clark Park adalah rumah bagi Chicago Rowing Foundation (CRF). Dalam kemitraan dengan Chicago Park District, CRF menawarkan berbagai kegiatan sepanjang tahun.

Baca juga: Jeanne Gang, Satu-satunya Arsitek dalam 100 Orang Paling Berpengaruh

Baik dalam maupun luar ruangan, termasuk belajar untuk mendayung, tim dayung pemula dan senior, kelas yoga, dan pelajaran untuk para penyandang cacat.

Ketika Kota Chicago berupaya mengubah Sungai Chicago yang sudah lama tercemar dan terabaikan menjadi lokasi rekreasi, Studio Gang berusaha membantu program tersebut melalui rumah perahu di Clark Park.

WMS Boathouse di Sungai Chicago.Archdaily WMS Boathouse di Sungai Chicago.

Arsitekturnya disesuaikan dengan ritme dan gerakan mendayung. Selain itu, tepi sungainya dapat diakses secara publik.

"Dengan begitu membangkitkan gerakan yang lebih besar untuk memperbaiki kondisi ekologis dan menjadikannya sarana rekreasi di Sungai Chicago," kata pendiri dan kepala Studio Gang, Jeanne Gang, seperti dipublikasikan Archdaily.

Desain rumah perahu merupakan terjemahan dari pergerakan saat mendayung ke dalam bentuk arsitektur atap. Hal itu memberikan visualisasi yang menarik.

Keuntungan lainnya yaitu menawarkan manfaat secara spasial dan lingkungan yang memungkinkan rumah perahu untuk beradaptasi dengan perubahan musim yang bisa terjadi di Chicago.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X