Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeanne Gang, Satu-satunya Arsitek dalam 100 Orang Paling Berpengaruh

Kompas.com - 20/04/2019, 15:00 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Arsitek Jeanne Gang yang berasal dari Chicago, Amerika Serikat, masuk daftar majalah Time 100 Most Influential People of 2019 alias 100 orang paling berpengaruh versi majalah Time.

Pendiri Studio Gang itu merupakan satu-satunya arsitek dari seluruh dunia yang berhasil masuk deretan 100 orang-orang terkenal tersebut tahun ini.

Pengakuan itu datang beberapa minggu setelah tim yang dipimpinnya memenangi kompetisi desain untuk memperluas Bandara Internasional O'Hare di Chicago, AS.

Sejumlah bangunan yang digarap oleh Gang di antaranya WMS Boathouse dan Aqua Tower, keduanya berada di Chicago.

Baca juga: 6 Karya Monumental Zaha Hadid

Dia juga membangun Vista Residences, gedung apartemen 95 lantai di kota yang sama dan ditetapkan menjadi gedung tertinggi di dunia yang dirancang oleh seorang wanita.

"Jeanne Gang memiliki faktor ‘wow’. Aqua Tower di Chicago yang memesona adalah gedung tertinggi yang pernah dibangun oleh seorang wanita. Sekarang dia membangun yang lebih tinggi lagi," kata aktris dan penulis naskah drama Anna Deavere Smith, seperti dilansir Dezeen dari laman resmi Time 100, Kamis (18/4/2019).  

Gedung Vista Residences, apartemen 95 lantai di Chicago, Amerika Serikat.Dezeen.com Gedung Vista Residences, apartemen 95 lantai di Chicago, Amerika Serikat.

Dia menambahkan, dalam pandangan Jeanne, arsitektur bukan hanya obyek yang menakjubkan, melainkan katalisator untuk perubahan.

Sebagai contoh, gedung Boathouse yang berbentuk ramping dan berbahan kayu membantu menghidupkan kembali suasana di sekitar Sungai Chicago yang tercemar dengan menyaring limpasan organik.

"Konsep Polis Station yang dibuatnya bertujuan meningkatkan interaksi antara warga sipil dan aparat hukum melalui penggabungan desain kantor polisi dengan sarana rekreasi warga," tambah Smith.

Gagasan itu baru-baru ini diuji di salah satu lingkungan paling keras di Chicago, yaitu dengan menambahkan lapangan basket di kantor polisi Distrik 10 di North Lawndale.

Selama ini Gang menjadi wanita yang vokal terhadap masalah kesetaraan gender dalam industri arsitektur. Dia telah menghentikan kesenjangan penghasilan antara pria dan wanita di perusahaannya.

"Kita harus mulai berpikir untuk tidak lagi menerapkan perbedaan gaji karyawan. Cara yang sama akan kita lakukan untuk lingkungan pada 2030. Hal itu akan memberi tekanan untuk mengurangi kesenjangan," ucap Gang kepada Dezeen.

Desain Bandara Internasional OHare di Chicago, AS.Dezeen.com Desain Bandara Internasional OHare di Chicago, AS.

Studio Gang berkantor pusat di Chicago dan memiliki kantor cabang di New York, San Francisco, dan Paris.

Gang lahir di Belvedere, Illinois, pada 1964. Ia belajar arsitektur di University of Illinois dan Harvard Graduate School of Design.

Ia pernah bekerja untuk Studio OMA di Rotterdam, Belanda, sebelum mendirikan Studio Gang pada 1997.

Gang merupakan arsitek wanita kedua yang secara berturut-turut masuk daftar Time 100, setelah sebelumnya yakni Elizabeth Diller pada 2018.

Time 100 adalah daftar tahunan 100 pemimpin, inovator, dan selebritas yang dianggap sebagai orang berpengaruh secara global.

Ada banyak wanita dalam daftar Time 100 tahun ini, mulai dari selebritas hingga politisi, termasuk Sandra Oh, Chrissy Teigen, Nancy Pelosi, Aleksandria Ocasio-Cortez, Lady Gaga, Ariana Grande, dan Michelle Obama.

Tokoh lain yang masuk daftar tahun ini antara lain Donald Trump, Benjamin Netanyahu, dan Samin Nosrat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com