Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertengahan 2019, Tol Serpong-Kunciran Beroperasi

Kompas.com - 16/04/2019, 15:17 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Serpong-Kunciran yang menjadi salah satu ruas Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 ditargetkan beroperasi dalam waktu dekat.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, pengoperasian jalan berbayar sepanjang 11,4 kilometer ini paling cepat pertengahan tahun 2019.

"Harapan kami Juni atau Juli (beroperasi)," menjawab Kompas.com, akhir pekan lalu.

Tol yang digarap PT Marga Trans Nusantara ini terdiri atas dua seksi, yakni Seksi I Kota Tangerang Selatan sepanjang 6,72 kilometer dan Seksi II Kota Tangerang sepanjang 4,42 kilometer.

Baca juga: Konsorsium Tiga Perusahaan Siap Bangun Tol Serpong-Balaraja

Kehadiran tol ini mendukung kelancaran arus kendaraan terutama kendaraan logistik menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Mereka kan mengoperasikan kargo terminal yang bannya besar. Dan mereka kalau harus membebani tol yang sekarang ini (Tol Sedyatmo), saya kira tidak memungkinkan," ujarnya.

Melansir data monitoring BPJT, progres konstruksi untuk kedua seksi baru mencapai 88,76 persen. Secara rinci konstruki untuk Seksi I baru mencapai 87,65 persen dan Seksi II telah mencapai 90,45 persen.

Adapun investasi untuk pembangunan ruas ini sekitar Rp 1,48 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com