Rekonstruksi RSU Anutapura di Palu Dirancang Tahan Gempa

Kompas.com - 12/04/2019, 11:32 WIB
Rumah Sakit Umum Anutapura Palu Jalan Tolambu, Palu Barat, Sulawesi Tengah, Kamis (4/10/2018). Kompas.com/Cynthia LovaRumah Sakit Umum Anutapura Palu Jalan Tolambu, Palu Barat, Sulawesi Tengah, Kamis (4/10/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun kembali Rumah Sakit Umum (RSU) Anutapura di Kota Palu, Sulawesi Tengah, yang rusak akibat bencana gempa bumi September 2018.

Kepala Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Kementerian PUPR di Sulawesi Tengah Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, ada dua teknologi khusus yang diterapkan dalam rekonstruksi rumah sakit itu.

“Teknologi pertama yaitu earthquake insulator sebagai peredam guncangan dan energi gempa yang akan dipasang di fondasi gedung tersebut, lengkap dengan flexible plumbing dan sistem gas,” ujar Arie kepada Kompas.com, Kamis (11/4/2019).

Dia melanjutkan, teknologi kedua yakni local earthquake insulator yang akan dipasang di semua ruang operasi dan CT-scan rumah sakit tersebut.

Baca juga: Tanggul 7 Kilometer Bakal Dibangun di Palu

Teknologi yang sama juga akan diterapkan di RSUD Undata di Palu, tetapi pemasangannya hanya akan dilakukan di ruang operasi dan CT-scan

“Untuk RS Undata, kami hanya akan memasang local earthquake insulator di ruang operasi dan CT Scan, serta flexible plumbing dan gas system,” ucapnya.

Pemasangannya dilakukan bersama tenaga ahli dari Jepang yang telah memiliki banyak pengalaman menghadapi gempa.

“Teknologi ini menjamin keamanan aktivitas para dokte, perawat, dan pasien, juga peralatan yang digunakan. Jadi saat gempa, aktivitas mereka di ruangan itu tidak terganggu dan bisa terus dilanjutkan,” imbuhnya.

Adapun mengenai antisipasi gempa, Arie menuturkan, saat ini perencanaannya sedang dilakukan mengacu pada Peta dan Sumber Bahaya Gempa Indonesia 2017dan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk bangunan yang akan keluar tahun ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X